Sukses

Bentol Biduran dan Alergi

28 Aug 2019, 14:34 WIB
Pria, 70 tahun.

Saya penderita penyakit biduran. Sudah berlangsung lama. Muncul pada waktu tidur atau pada waktu bangun pagi. Paling sering terjadi di paha dan terkadang di bibir. Bentolannya besar-besar. Dulu saya menggunakan obat anti allergi 'HISPRAL'. Obat ini sangat mujarab dan dampaknya lama sekali, berbulan bulan bidurannya menghilang dan kalau muncul lagi tidak terlalu mengganggu,ringan-ringan saja. Obat HISPRAL ini sudah tidak di pasaran, dan sebagai gantinya saya pakai obat 'CERINI' 10 mg, reaksinya sangat cepat tapi tidak berlangsung lama, dua atau tiga hari kemudian muncul lagi. Karena saya takut dampak buruk dari obat ini maka dosisnya saya kurangi menjadi 5 mg saja walaupun hasilnya tidak begitu efektif. Saya amati, kalau kerja obat ini habis maka penyakit bidurannya muncul lagi. Apakah dokter bisa menolong saya untuk mendapatkan obat Hispral ini, atau obat yang setara dengan itu, atau terapi menurut resep dokter. Terimasih atas bantuannya. Catatan : Kalau ada biaya untuk konsultasi ini, kemana saya harus membayarnya ?.

Terima kasih telah berkonsultasi seputar Bentol Biduran dan Alergi pada fitur Tanya Dokter

 

Kami mengerti yang bapak keluhkan. Sebagai pertolongan awal, Anda dapat meredakan bentol-bentol dengan meminum obat golongan antihistamin.

Golongan antihistamin yang dapat menyebabkan rasa kantuk adalah CTM, difenhidramin, Sedangkan golongan antihistamin yang tidak menyebabkan kantuk adalah Loratadine, Cetirizine. Bila keluhan tidak membaik segera ke dokter untuk tata laksana selanjutnya. Namun, lebih baik anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mendapat pengobatan ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk Anda.

1 Komentar

  • Putri Ayu

    sama dok anak saya jg sering sekali biduran hampir setiap hari dok,apa setiap muncul bidurannya harus sllu dikasih cetirizene?saya tkt kl sering dikasih obatnya,,