Sukses

Benjolan di Anus
25 Aug 2019, 12:13 WIB
Pria, 35 tahun.

selamat pagi dok, saya samirin mau tanya perihal daging tumbuh di dekat lubang anus degan ukuran sebesar beras, yang akhir2 ini sedikit menggangu dan terasa sakit kalau di sentuh ,jenis peyakit apa ini dan apa yang harus saya lakukan untuk pencegahan dan mengobatinya?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya tentang Benjolan di Anus melalui fitur Tanya Dokter

Hemorrhoid atau wasir merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.

Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes.

Jika ada benjolan yang dapat Anda raba dari luar, kemungkinan besar benjolan tersebut merupakan hemoroid eksterna.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar .Benjolan di Anus Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar