Sukses

Darah Haid Hitam Pekat
22 Aug 2019, 22:54 WIB
Wanita, 32 tahun.

Dok, sy mau tanya. Sudah hampir setahun ini sy setiap haid keluar darah berwarna hitam pekat. Mulai dari hari pertama hingga hari terakhir haid. Apakah ini berbahaya atau sy sedang mengidap penyakit??

Terima kasih telah bertanya seputar haid tidak teratur dan keluar darah hitam melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 3-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Siklus menstruasi kurang dari 21 hari disebut polimenore. Sedangkan oligomenorea adalah suatu keadaan dimana siklus menstruasi memanjang lebih dari 35 hari. Menorrhagia adalah kondisi dimana darah haid berlebihan dan dapat lebih dari 7 hari; sedangkan metrorhagia adalah kondisi dimana siklus haid tidak teratur, kadang satu bulan bisa 2 kali, kadang 1 kali, bisa juga 3 kali.

Untuk mengetahui apakah siklus haid Anda seperti apa, sebaiknya perhatikan dulu 3 siklus menstruasi dan dihitung jumlah hari antara hari pertama haid setiap siklus.

 

Berikut adalah beberapa warna haid yang dapat Anda ketahui:

Merah terang merupakan darah haid yang baru saja dikeluarkan dari tubuh, biasanya akan keluar dalam jumlah yang sedikit.Merah pekat atau hitam pekat merupakan kondisi sel darah merah yang sudah lama atau tidak segera dikeluarkan oleh tubuh, di mana darah ini tersimpan di dalam rahim dalam periode tertentu. Hal ini biasanya terjadi pada wanita yang mengalami haid pada waktu bangun pagi, ketika darah ini tersimpan selama waktu tidur (malam hari).Cokelat juga merupakan darah yang sudah lama. Darah ini biasanya terjadi pada waktu wanita mendekati masa selesai haid. Hal ini juga dapat berkaitan dengan darah yang tidak segera dikeluarkan oleh tubuh dan tertahan dirahim, namun beberapa jurnal menyatakan bahwa darah yang cokelat lebih sering terjadi pada wanita yang mengalami gangguan haid (misalnya memiliki siklus haid yang cenderung agak terlambat).Oranye biasanya merupakan pencampuran pada sel epitel di leher rahim, atau juga dapat dikaitkan dengan adanya infeksi.Untuk mengetahui apakah haid Anda normal atau tidak, selain dari warna darah haid, Anda juga dapat melihat dari banyak dan sedikitnya darah haid.Menstruasi tidak teratur dapat disebabkan oleh beberapa keadaan, antara lain:

pada 3-5 tahun pertama setelah haid pertamamenyusuipasien dengan gangguan makan (seperti anorexia nervosa, bulimia)pasien dengan indeks massa tubuh (IMT) > 30stress psikologisatletkekurangan vitamin Kpenggunaan obat-obatan tertentu (seperti KB hormonal)kelainan pembekuan darahgangguan hormon tiroidgangguan organ reproduksi, (seperti Polycystic Ovary Syndrome, infeksi ronggal panggul, dsb)Apakah Anda baru saja mengalami menstruasi pertama? Bila ya, mungkin kondisi haid yang tidak teratur masih dapat disebut normal. Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya konsultasikan kondisi anda ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk dilakukan wawancara menyeluruh, pemeriksaan fisik, dan dapat juga dilakukan pemeriksaan penunjang bila dibutuhkan.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai haid tidak teratur dan keluar darah hitam. Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar