Sukses

Perdarahan Pasca Keguguran
22 Aug 2019, 22:55 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok. Saya wanita usia 23 th. 5 minggu yg lalu saya melakukan aborsi dg metode vakum. Kemudian mengalami pendarah selama seminggu yang katanya normal. Kemudian saya melakukan tes usg dan dinyatakan kondisi rahim saya sudah bersih dan bagus. Dan dokter mengatakan saya akan mendapatkan periode menstruasi 4-7 minggu stelah aborsi. Tapi di minggu ke 5 saya melakukan banyak kegiatan yang melelahkan dan muncul flek darah dr vagina saya. Itu kenapa ya dok? Amankah untuk saya yg sedang menunggu periode menstruasi pasca aborsi? Dan apakah aborsi dg vakum aspirasi termasuk aman ?

Terima kasih telah bertanya seputar pasca keguguran melalui fitur Tanya dokter.

Berapa lama bercak darah setelah vacum berbeda-beda dampaknya pada setiap orang. Biasanya berlangsung 1-2 minggu. Selama tidak menimbulkan keluhan berlebihan seperti keram perut atau demam, sepertinya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika sudah timbul keluhan tersebut atau darah yang semakin lama semakin banyak, tidak ada salahnya Anda memeriksakan diri ke dokter Kandungan Anda.

Pada kasus keguguran, hasil testpack dapat menunjukkan negatif maupun positif, bergantung pada ada tidaknya sisa jaringan di dalam rahim. Pada kasus keguguran dimana janin ataupun sisa jaringan masih ada di dalam rahim, hasil testpack dapat menunjukkan nilai positif. Akantetapi bila janin beserta seluruh jaringannya keluar dengan sempurna, hasil testpack kemungkinan besar akan negatif.

Walaupun demikian, untuk memastikannya tetap harus dilakukan pemeriksaan USG. Saya sarankan Anda melakukan pemeriksaan langsung ke dokter spesialis kandungan.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam sehat.

1 Komentar

  • Lutfia Darmaningrum

    malem dok, saya mau tanya. beberapa minggu lalu saya tes tespek hasilnyaa garis dua nah bskanyaa saya tes lagi hasilnyaa ttp garis dua mah jumat kmrn tp saya ngerasa kaya org datang bulan keluar darah tp keluarnyaa beda dok ini bnyk bgt saya bsa ganti pembalut 5-6x sehari dan saya selalu nyeri di bagian bawah perut kanan. apa saya ke guguran?