Sukses

Bolehkah Bayi Konsumsi Telur Setengah Matang?
22 Aug 2019, 22:55 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok, mau tanya anak saya usia 7 bulan mengalami abses 2 bulan. Saat nanahnya keluar sudah dibersihkan oleh dokter, 2 hari sekali kontrol, ini sudah kontrol yg ketiga tapi nanah masih keluar sedikit, lalu dokter mengatakan gizinya kurang dan menyarankan untuk memberikan makan telur ayam kampung setengah matang. Apakah boleh memberikan makan telur setengah matang ? Bagaimana cara mengobati abses yg benar ?

Terima kasih telah bertanya seputar bayi konsumsi telur setengah matang melalui fitur Tanya Dokter.

 Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebenarnya tidak ada yag salah ketika anda memberikan telur kepada anak. Namun alangkah baiknya jika dimasak hingga matang.

Makanan yang dibuat dari telur mentah atau setengah matang dapat menyebabkan keracunan makanan karena bakteri yang terkandung dalam telur, yaitu bakteri Salmonella enteriditis.

Memang tidak semua telur mengandung bakteri Salmonella, namun mencegah lebih baik daripada mengobati.

Bakteri ini dapat mudah berkembang terutama pada telur yang dibiarkan pada suhu ruangan selama beberapa hari (tidak dimasukkan ke dalam lemari pendingin). Maka dari itu sangat penting untuk tahu cara memilih, menyimpan, dan mengolah telur dengan  benar.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar