Sukses

Hipertiroid danMakanan Yang Harus Dihindari Penderita Hipertiroid

21 Aug 2019, 21:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang dok mau nanya nih dok 1 minggu belakangan ini tiba2 leher ibu saya bengkak pas periksa ke dokter diagnosa awal.y hiperteriod kmrin cek darah hasil.y hormon FT4 nya H 7.06 ng/dL rujukannya 0.7-1.56 sedangkan TSH < 0.05 uIU/mL rujukannya 0.25-5.00,dri hasil trsbut dok apakh ibu sya mmng hiperteroid?jika iya dok apakah ad jenis mkanan yg hrus ibu sya hindari?slain dngan jalan oprasi adakah pngobatan lain dok? Mksih dok sblum.y

dr. Arina Heidyana

Dijawab Oleh:

dr. Arina Heidyana

Terima kasih telah bertanya seputar hipertiroid melalui fitur Tanya Dokter.

Hipertiroid adalah kondisi dimana kadar hormon tiroksin dalam tubuh sangat tinggi. Penyebab tingginya kadar hormon tiroksin bisa disebabkan oleh berbagai hal, yaitu Penyakit Graves, penggunaan obat tertentu, kehamilan maupun kanker pada tiroid. Berdasarkan data pemeriksan fungsi tiroid yang Anda lampirkan, memang mengarah kepada diaagnosis hipertiroid. Pembedahan memang merupakan pilihan pada kasus tiroid. Namun tidak semua kasus hipertiroid memerlukan operasi. Indikasi dari pengangkatan tiroid adalah bila kelenjar tiroid berukuran sangat besar, terjadi perubahan suara atau serak yang berkepanjangan, adanya benjolan yang mengarah kepada kanker atau adanya sumbatan jalan napas yang dapat menyebabkan sesak. Alternatif pengobatan selain operasi adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan anti tiroid. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mengetahui lebih pasti penyebab tingginya hormon tiroid dan tentang penanganan yang tepat untuk keluhan Anda.

Salah satu penyebab hipertiroid adalah kadar iodin yang berlebih. Maka tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung iodin secara rutin atau dalam jumlah banyak, seperti rumput laut, seafood, susu, keju, dan makanan-makanan kaleng.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai hipertiroid. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar