Sukses

Nyeri pinggang disertai nyeri saat BAK

21 Aug 2019, 13:07 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat malam dok. saya mau konsultasi dok . Baru malam ini jam 1:25 rabu 14 agustus . Saya merasakan nyeri disekotar pinggul saya dok . Tubuh aku gregesi kayak mau demam gitu. Aku terdorong buang air kecil terus menerus dok . Dan itu sakit dok. Kebetulan ya . Bulan puasa itu tanggal keguguran aku dok. Dan sekarang aku udah normal datang bulan. Dan kebetulan lagi entah ini datang bulan aku yg ke berikutnya dok. Cuma kok kayak lain aja . Gak pernh sederas ini . Aku mikir . Kok datang bulan dicampur dorongan terus menerus buang air kecil dok . Udah gtu nyerihh. Pas tadi aku buang air kecil yg keluar malah darah . Tapi bukan darah haid aku dok kayaknya. Pas di saluran air kencing nya kok. kasih aku solusi ya dok dan apa semua ini

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pinggang dan nyeri saat BAK melalui fitur Tanya Dokter.

Jika dari keterangan anda, mungkin gejala yang anda alami seperti demam, nyeri pinggang, nyeri saat BAK dan rasa ingin BAK lebih sering, mengarah pada infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada saluran kencing yang meliputi ginjal, ureter,kandung kemih, dan uretra. Semua bagian dari saluran kemih tersebut bisa mengalami infeksi.

Infeksi saluran kemih dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Saluran kencing bagian atas yang terdiri dari ginjal dan ureter.

Infeksi pada saluran kemih bagian atas biasanya mengenai ginjal atau dalam bahasa medis disebut pielonefritis.Infeksi ini dapat menyebabkan demam, menggigil, mual, muntah, dan gejala lainnya.

2. Saluran kemih bagian bawah terdiri dari kandung kemih dan uretra.

Infeksi pada saluran kemih bagian bawah dapat mengenai uretra atau dalam bahasa medis disebut uretritis. Infeksi saluran kemih bagian bawah juga dapat terjadi pada kandung kemih,atau dalam bahasa medis disebut sistitis.

Penyebab dari sebagian besar kasus infeksi saluran kemih adalah bakteri Escherichia coliatau E. Coli yang umumnya hidup di saluran cerna. Kemungkinan bakteri ini masuk ke dalam saluran kemih ketika Anda kurang menjaga kebersihan alat kelamin.Akibatnya bakteri dari anus (bagian dari saluran cerna) bisa menyentuh saluran kemih.

Infeksi saluran kemih juga bisa terjadi bila Anda sering menahan buang air kecil. Karena bakteri yang seharusnya dikeluarkan melalui urine kemudian menumpuk di saluran kemih karena Anda menahan kencing. Hal ini biasa terjadi pada saat Anda bepergian dan kesulitan menemukan toilet atau toilet yang tersedia tenyata kotor.Agar tidak terkena infeksi saluran kemih, ada baiknya Anda menggunakan popok dewasa untuk menampung urine sementara. Jangan terbiasa menahan buang air kecil, karena dapat menimbulkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Selain kasus diatas, infeksi saluran kemih juga bisa disebabkan oleh berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seksual.Ya, penularan penyakit infeksi ini lebih mudah terjadi terjadi jika Anda memiliki kebiasaan tersebut.

Namun untuk mengatasi gejala yang anda alami, sebaiknya periksakan diri anda dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya seperti tes urine lengkap.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • femy15

    Dokter saya dulu diagnostic juga infeksi saluran kemih ,sampe protein 2 plus pada urine serta kreatinin meningkat bagaimana supaya gak kumat