Sukses

Operasi Lidah Menghilangkan Cadel

21 Aug 2019, 09:05 WIB
Wanita, 13 tahun.

Kalo operasi lidah pasti berhasil bisa menghilangkan cadel atau bisa juga gagal? Trus Nanti kalo udah dioperasi bekas jaitanya gimana? Sakit nggak?

Terima kasih sudah bertanya seputar operasi lidah untuk menghilangkan cadel melalui fitur Tanya Dokter.

Bicara cadel ataupun gangguan pada pengucapan kata sering terjadi huruf "R" yang dibaca menjadi "L". Cadel dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti faktor lingkungan,faktor psikologis,kelainan fisiologis (gangguan pada pendengaran,otak,rongga mulut),kurangnya koordinasi antara lidah dan bibir.

Bila keluhan cadel disebabkan oleh frenulum lingualis yang terlalu pendek sehingga menyebabkan keterbatasan pergerakan lidah dan bahkan sering menyebabkan masalah bicara. Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan operasi kecil disebut frenulectomy atau lingual frenectomy. Tindakan ini dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut (drg. Sp.BM), yang akan memotong dan membebaskan frenulum, kemudian dijahit kembali. Tapi apabila keluhan cadel bukan disebabkan oleh hal tersebut tentu saja Frenectomy atau Frenulectomy bukanlah solusi atas keluhan cadel yang dialami.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar