Sukses

Cairan Bebas Di Rahim
19 Aug 2019, 13:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya sedang program hamil, kemarin usg cek ukuran sel telur. Rahim kiri aman, tapi kanan ditemukan cairan bebas. Untuk memeriksa cairan jenis apa itu, saya harus ke dokter apa ya? Atau apa tes yang harus saya lakukan untuk mengetahui dan menyembuhkannya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah yang dokter anda maksud cairan bebas dalam rahim tersebut berkaitan denagn peradangan rahim atau endometritis?

Kami akan sedikit menjelaskan mengenai Endometritis.

Endometritis adalah infeksi atau radang pada endometrium (rahim), miometrium (otot rahim) yang dapat menjalar ke jaringan parametrium. Umumnya penyebabnya akibat adanya infeksi pada saluran reproduksi bagian bawah.

Gejala klinis yang dapat ditemukan:

DemamNyeri pada perut bawahDarah nifas yang bau pada ibu pasca melahirkanPerdarahan vagina yang abnormalNyeri saat bersenggamaNyeri saat buang air kecilBadan lemahSedangkan dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan:

DemamNyeri perut kanan bawahNyeri pada uterusNyeri pada jaringan adneksaDarah nifas yang bauDenyut jantung cepatKarena endometritis merupakan suatu penyakit infeksi, maka memang sebaiknya ditangani terlebih dahulu sebelum terjadi kehamilan. Penanganannya adalah dengan memberikan antibiotik. Terkadang juga diberikan terapi KB agar mencegah kehamilan sebelum kondisi rahim benar-benar sehat untuk mempersiapkan kehamilan.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar