Sukses

Alergi Makanan

19 Aug 2019, 08:30 WIB
Pria, 23 tahun.

Assalamualaikum Dok, maaf kalo alergi darah dingin itu apa ya? Temen saya dari kecil kayagitu sampe sekarang. Kulitnya bintik bintik kecil gatel terus terusan. Apalagi kalo makan yang terlalu asin atau terlalu manis. Cara mengobati nya gimana ya, soalnya pas konsultasi katanya cuma bilang sembuh dengan sendirinya jadi dia konsumsi obat doang tiap mau tidur. Terimakasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya cara terbaik untuk mengatasi alergi makanan adalah dengan secara ketat menghindari makanan penyebab reaksi. Reaksi ringan sering kali mereda tanpa pengobatan. Namun untuk menghilangkan ruam, antihistamin dapat membantu mengurangi rasa gatal dan meredakan hidung tersumbat, serta gejala lain.

Untuk gejala yang lebih serius, kortikosteroid, seperti prednison, akan membantu mengurangi pembengkakan. Dalam situasi yang genting (mengancam keselamatan jiwa), injeksi epinefrin dapat mengembalikan kondisi dengan cepat.

Selain mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, sebaiknya teman Anda menjauhi makanan pemicu alergi. Teman Anda juga dapat bertanya kepada dokter makanan bergizi apa yang bisa menggantikan fungsi dari makanan pemicu alergi. Dengan begitu, kecukupan nutrisi akan tetap terpenuhi, meski teman Anda alergi makanan. Bawalah selalu obat alergi ke mana pun pergi. Saat membeli makanan atau minuman kemasan, teman Anda juga mesti rajin membaca komposisinya agar tidak “kecolongan” mengalami alergi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

salam

0 Komentar

Belum ada komentar