Sukses

Gigi Berlubang Ditambal Jadi Malah Sakit
17 Aug 2019, 15:50 WIB
Wanita, 34 tahun.

Saya wanita 34th, saya sedang sakit gigi berlubang sebelah kanan bawah sudah sampai ke saraf. Ke dokter gigi tgl 18/7 lalu gigi dimasukan obat dan di tambal sementar dan obat nyeri+antibiotik untuk diminum, tgl 1/8 saya kembali ke dokter (masih nyut2 terus) lalu dokter bilang di beri devit +tambal sementara lagi+parasetamol dan anti biotik tetapi sakit semakin hebat sampai saya mau pingsan 2jam kemudian saya kebali ke dokter lagi lalu obat tersebut di ambil dokter bilang di ganti obat anti nyeri. Tgl 6/8 saya ke dokter lagi karna sakit terus lalu dokter memasukan obat TKF+tambal sementara tetapi masih sakit terus tgl 12/8 saya kembali ke dokter katanya dibiarkan dulu memang prosesnya lama padahal saya sudah bilang masih sakit terus. Jadi 1minggu ini dokter memberi obat neuralgin, awalnya saya minum 1hari 1x, tetapi sudah 2hari ini setiap 10jam setelah minum obat sakit kembali datang jadi harus minum obat lagi. Apakah boleh dok minum neuralgin 10jam/sekali? Rasa sakit gigi nya ini sampai telinga seperti di tusuk2 dan semenjak sakit gigi ini saya juga sakit kepala sebelah kanan. Apakah normal sakit gigi seperti itu? Atau ada apa2 dengan kepala saya juga dok? Saya harus ganti dokter gigi atau meneruskan dengan dokter gigi ini dok? Saat ini saya ke dokter gigi bpjs Terima kasih

Terimakasih telah bertanya tentang gigi berlubang ditambal jadi malah sakit melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami anda mengalami sakit gigi karena gigi berlubang yang sudah kena saraf. Jika karies sudah mencapai pulpa/saraf, tidak lagi dapat sekedar ditutup dengan bahan tambal. Sebelumnya, harus dilakukan perawatan saluran akar (endodontic treatment, atau root canal treatment). Saluran akar harus dibersihkan agar steril dan bebas dari infeksi kuman. Lalu saluran akar tersebut diisi dengan bahan pengisi saluran akar agar mencegah kontaminasi bakteri. Kemudian gigi tersebut ditutup dengan restorasi. Ada beberapa jenis restorasi yang dapat dipilih, bergantung pada kondisi gigi.

Obat neuralgin boleh digunakan 3 kali sehari atau 8 jam sekali. Kami sarankan untuk minta pendapat lain (second opinion) ke dokter gigi spesialis konservasi gigi. Agar mendapat pandangan baru mengenai kasus gigi anda. Jika sakit gigi sudah hilang maka segeralah melanjutkan perawatan gigi tersebut dengan perawatan saraf gigi.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Waspadai Ketika Sakit Gigi Spontan dan Berdenyut

- Perlukah Gigi Berlubang Dirawat di Dokter Gigi?

- Benarkah Gigi Ngilu Tanda Berlubang? 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi berlubang ditambal jadi malah sakit, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar