Sukses

Mengatasi insomnia tanpa obat-obatan

17 Aug 2019, 13:19 WIB
Pria, 49 tahun.

Selamat siang Dokter, Saya penderita insomnia sejak remaja, sy sering mengkonsumsi obat seperti alprazolam, frisium, dan Esilgan (selalu gonta ganti). Meskipun sy selalu minum dlm dosis kecil, namun sy mulai tergantung obat2an tsb. Saat ini sy sedang minum Esilgan dgn dosis 1 mg. Sy ingin mulai melepaskan ketergantungan ini, karena sy takut efek samping di kemudian hari. Sy mulai mencoba menkonsumsi supplemen melatonin dengan dosis 5 mg, namun hal tsb tidak memberikan efek apapun, yg ada justru keesokan harinya sy semakin pusing di kantor. Apakah sy salah cara meminumnya? Dan saat ini sy kembali ke obat Esilgan. Hal yg ingin sy tanyakan adalah, apakah ada obat alternative lain selain obat2an di atas? Atau mungkin adalah obat non-benzodiazepine yg kabarnya lbh aman? Terimakasih sebelumnya Rgrds; Anton

Terima kasih telah bertanya seputar cara mengatasi insomnia tanpa penggunaan obat-obatan melalui fitur Tanya Dokter.

Mengingat banyaknya faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya, termasuk menggali berbagai kemungkinan adanya kondisi medis yang mendasari. Bila ditemukan kondisi medis / penyakit yang mendasari, tentunya diperlukan terapi fisis tertentu. Namun bila kemungkinan tersebut sudah dapat disingkirkan, terdapat beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol,narkotik, dsb.
  3. Cobalah mengatur pola tidur
  4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.
  6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.
  7. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.
  8. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut.Dan obat ini hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur. Sebaiknya anda hentikan penggunaan obat yang biasa anda konsumsi, karena kandungan dari obat tersebut dapat menyebabkan ngantuk.
  9. Relaksasi
  10. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  11. Berpikir positif.
  12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Jika anda telah melakukan kiat-kiat tersebut diatas, namun belum ada perbaikan sebaiknya coba konsultasikan dengan dokter spesialis kejiwaan (Psikiater) untuk membantu anda dalam melepaskan diri dari obat tidur / penenang.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar