Sukses

Benjolan pada selangkangan
14 Aug 2019, 12:21 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya, saya ada benjolan di selangkangan, saya rasakan sih kurang lebih 2 bulan tapi keluar benjolannya itu sudah 1 minggu, dan terasa sakit, sampai ke pinggang dan paha sakitnya, itu apa ya dok dan kenapa?

Terima kasih telah bertanya  menggunakan fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Di daerah selangkangan, benjolan paling sering disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening. Namun, benjolan juga dapat disebabkan karena hal lain seperti kista atau bisul baik kecil atau besar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa disebabkan oleh beberapa hal, penyebab tersering adalah adanya infeksi pada area genitalia, contohnya infeksi saluran kemih dan infeksi menular seksual. Pembesaran kelenjar getah bening juga bisa disebabkan oleh berbagai penyebab lainnya. Apabila penyebabnya adalah infeksi, maka seiring dengan infeksi tersebut menyembuh, kelenjar getah bening akan mengecil dengan sendirinya. Terapi akan tergantung dari penyebabnya.

Selain itu, apakah anda merasa keluhan seperti konstipasi? karena benjolan di selangkangan bisa juga karena hernia atau biasa dikenal dengan istilah "turun bero". Hernia merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga yang bersangkutan. Jika hernia  mencapai skrotum (buah zakar), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan, kantong, dan isi hernia. Jaringan yang dimaksud disini adalah usus. Jadi, akibat adanya bagian lemah pada dinding lipat paha, usus turun dari daerah perut ke skrotum (buah zakar). Penyakit ini membutuhkan tindakan operasi jika sudah menimbulkan gangguan saluran cerna apalagi nyeri hebat, karena merupakan hal yang gawat darurat.

Untuk itu, saya sarankan Anda memeriksakan diri kepada dokter untuk pemeriksaan fisik lengkap dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan. Setelah diagnosis ditentukan, maka Anda dapat mendiskusikan pilihan penanganan yang ada dengan dokter Anda.

Mengenai hal ini anda bisa baca:

Hernia

Cara Cegah Turun Berok

 

Demikian informasi ini kami sampaikan seputar Benjolan Diselangkangan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar