Sukses

Alergi makanan
14 Aug 2019, 12:21 WIB
Pria, 20 tahun.

Jadi di lingkunganku 1 bulan lalu ada wabah scabies, terutama menyerang keluargaku singkat cerita setelah scabiesnya udah ga ada tiba tiba malah muncul alergi baru sama telur. Padahal riwayat alergi di dalem keluarga cuma aku, itupun alergi udara lembab. Tapi anggota keluarga yang lain jadi mengalami hal serupa. Kenapa ya dok ? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Skabies biasanya memang karena kebersihan yang kurang dijaga sehingga lingkungan juga mempengaruhi. Selain itu, perlu kami tanyakan apakah gejala alergi yang anda rasakan baru pertama kali setelah konsumsi telur? karena saya pikir sebelumnya anda pasti sudah pernah berkali-kali konsumsi telur sebelumnya dan hal tsb bukanlah alergi.

Jika memang timbul gejala alergi seperti merah-merah atau gatal-gatal timbul setelah Anda mengonsumsi makanan tertentu, memang kemungkinan Anda mengalami reaksi alergi terhadap makanan tersebut. 

Makanan yang menyebabkan alergi sebaiknya dihindari. Gejala alergi yang timbul dapat berbeda-beda. Jika merah-merah saja sebenarnya tidak masalah jika Anda terpaksa memakan makanan tersebut, setelah itu Anda bisa mengonsumsi obat alergi. Namun jika sangat menggangu sebaiknya dihindari. Sampai saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan alergi. Sehingga anda memang perlu menghindarinya. 

Jika memang sekeluarga memakan telur yang sama dan muncul keluhan gatal-gatal bisa jadi hal tersebut karena keracunan atau toksin dari telur, bukan merupakan reaksi alergi. Selain itu, jika hanya sekedar gatal dan muncul bersama-sama bisa jadi karena ada suatu perlakuan yang sama dilalui anda sekeluarga, seperti tidur pada kasur yang sama, makan makanan yang sama, anda perlu mencari tahu.

Untuk memastikan kondisi Anda, kami sarankan agar memeriksakan diri ke dokter.

Mengenai hal ini anda bisa juga baca:

benarkah anda alergi?

tanda dan mengatasi alergi makanan

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar