Sukses

Perdarahan KB atau Bukan?

11 Aug 2019, 05:23 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya kan kb tgl 22 juni kb 1 bulan trus tgl 15-19 juli saya haid ,setelah seminggu tgl 27-31 juni saya keluar bercak" coklat tgl 4 agustus saya hb dengan suami trus thl 9 agustus ini saya keluar bercak lagi ,ini akibat dari kb atau gimana ya dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Penggunaan KB hormonal dalam bentuk pil, suntik atau implan memang dapat mengganggu pola haid. Oleh sebab itu, yang Anda alami bisa merupakan efek samping KB. Jika dilihat dari kronologinya, perdarahan bercak yang terakhir bisa diakibatkan oleh penggunaan KB maupun akibat luka trauma pada leher rahim saat berhubungan intim. Untuk indikasi ke arah kehamilan belum ada.

Jika nanti perdarahan bercak dialami kembali 1-2 minggu setelah hubungan intim yang terakhir, maka dapat dicurigai adanya kehamilan. Untuk itu, lakukan testpack saat sudah telat haid di bulan berikutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar