Sukses

Bintik Merah dan DBD

11 Aug 2019, 05:23 WIB
Wanita, 25 tahun.

Saya mau tanya dok, tgl 6 juli saya medical cek up untuk masuk kerja dan diinfokan trombosit saya rendah, kemudian tgl 24 juli saya mulai demam dan tgl 26 juli masuk ke igd dan didiagnosa dbd dok, kemudian setelah itu tgl 30 sy sudah bisa plg, dan cek up tgl 2 agustus, waktu control ke dokter trombosit saya masih belum normal sekitar 130000, namun sudah bisa bekerja, mulai tgl 7 agustus ini saya demam lagi selama 2 hari dok, dan bintik2 merah dibadan bertambah banyak Pertanyaan saya apakah saya masih sakit dbd dok?

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayat Anda, kemungkinan DBD memang ada. Trombosit biasanya mencapai titik nadir di hari ke-4 atau ke-5 demam dan kemudian diikuti oleh periode tidak demam. Trombosit di bawah 100.000 sugestif DBD. Meski demikian itu bisa disebabkan oleh penyebab lain.

Jika saat ini trombosit mencapai 130.000 dan sebelumnya mencapai di bawah 100.000, sangat mungkin memang yang Anda alami adalah DBD. Di fase convalescence/penyembuhan (setelah trombosit naik kembali), memang bisa terdapat demam ringan dan ruam kemerahan yang bertambah, seperti yang Anda alami. Saran kami, sebaiknya Anda kontrol ulang ke dokter dan lakukan pemeriksaan darah ulang yang mencakup darah perifer lengkap (Hb, Leukosit, hitung jenis dan trombosit). Jika trombosit sudah naik di atas 150.000 dan lain-lain tidak ada kelainan, artinya saat ini Anda sudah masuk fase pemulihan. Tinggal menunggu tubuh betul-betul prima kembali.

Baca juga: Demam Berdarah Dengue

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar