Sukses

Benjolan pada rambut kelamin pria

09 Aug 2019, 13:05 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok di daerah bulu penis saya terdapat satu benjolan jika di sentuh rasa sakitnya sama seperti memegang jrawat ngilu , warnanya masih sama sperti kukit tp sedikit memerah , sudah 2 hari ini , di biyarkan gk sakit tp di sentuh ngilu bentuknya tidak mirip jerawat benjolnya gk berbentuk lingkaran merata , cuman terdapat satu benjolan saja

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan pada rambut kelamin pria menggunakan fitur Tanya Dokter.

Benjolan berbentuk jerawat yang anda alami adalah folikulitis, yakni peradangan pada folikel rambut. Folikel rambut ini merupakan lubang kecil yang terdapat di kulit dan merupakan tempat rambut tumbuh. Peradangan pada folikel ini merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang umum ditemukan.

Ada beberapa jenis folikulitis, yaitu:

- Folikulitis pseudomonas. Jenis yang satu ini sering dialami oleh orang yang sering berendam air hangat. Biasanya peradangan terjadi karena bakteri yang terdapat pada air yang kurang bersih.Folikulitis gram negative. Peradangan ini terjadi karena penggunaan antibiotik dalam jangka waktu panjang yang biasanya dilakukan untuk mengatasi jerawat.

- Folikulitis palsu. Dikenal juga dengan sebutan pseudo-folliculitis. Terlihat mirip dengan folikulitis karena adanya infeksi akibat rambut yang tumbuh ke dalam. Namun pada folikulitis palsu tidak ada nanah.

- Folikulitis kronis atau sycosis barbae. Jenis folikulitis yang satu ini sering muncul di area yang ditumbuhi janggut.

Biasanya, folikulitis yang muncul pada area kelamin disebabkan oleh mencukur rambut kelamin lalu rambut tumbuh ke dalam. 

Untuk menghindari timbulnya folikulitis, ada beberapa hal yang dapat dilakukan, seperti:

- Biasakan mencuci tangan dan kaki untuk menjaga kebersihan kulit usai bepergian atau beraktivitas. Bila perlu, gunakan sabun antiseptik saat mandi.

- Penggunaan sabun antiseptik memang dapat menyebabkan kulit kering. Siasati dengan menggunakan pelembap setelah mandi.

- Cukur rambut sesuai arah tumbuhnya.

- Hindari berbagi handuk, pakaian, atau alat cukur.

- Cuci handuk, pakaian, dan seprai dengan air panas atau dengan deterjen yang cukup.

- Hindari pemakaian bersama kolam air panas, seperti pada pemandian umum.

Folikulitis dapat diatasi sesuai dengan tingkat keparahannya. Pada kasus yang tergolong ringan, folikulitis biasanya dapat sembuh dengan sendirinya tanpa memerlukan penanganan khusus. Keluhan akan hilang dengan sendirinya dalam jangka waktu kurang lebih satu minggu.

Biasanya yang dibutuhkan adalah melakukan kompres panas di area yang terkena. Bila perlu, bisa juga diikuti dengan penggunaan antibiotik topikal (dioleskan pada kulit).

Sedangkan pada kasus folikulitis yang dalam, terkadang diperlukan insisi (pembedahan) dan drainase (pengeluaran nanah) pada area yang terganggu.

Jika keluhan sangat mengganggu anda, baiknya konsultasi kepad dokter kulit dan kelamin untuk menentukan terapi yang tepat bagi folikulitis anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai benjolan pada rambut kelamin pria. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar