Sukses

Tangan Sering Berkeringat

08 Aug 2019, 08:52 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum,hai dok,nama aku diana,tahun ini umur ku 17 thn,aku mau nanya nih dok,sebenarnya udh lama sih,tangan aku suka berkeringat berlebihan bukan karna aku gugup ataupun suhu,kadang jga suka dingin tiba tiba,kaki aku jga,trus bagian dada aku kayang terasa ditusuk gitu,sakit banget,tapi gak lama cuma sebentar dan juga hal itu aku jarang merasakannya,tapi kalau masslah tangan yang suka berkeringat berlebihan,tangan aku yang kadang dingin tiba tiba dsn jga kaki sama seperti halnya tangan,itu selalu terjadi setiap hari,menurut dokter bagaimana? Terimakasih atas waktunya,aku sangat berharap dokter bisa membantu saya,wassalamualaikum.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terimakasih telah bertanya tentang Telapak Tangan Berkeringat melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Kelenjar keringat dipengaruhi oleh hormon yang sama dengan hormon yang mempengaruhi fungsi jantung, hormon kortisol seperti adrenalin dan noradrenalin. Kondisi yang Anda alami adalah hal yang wajar. Peningkatan hormon kortisol bisa disebabkan berbagai macam kondisi, seperti kurangnya gula darah, kelainan hormon itu sendiri, saat berolahraga, panik, bahkan kondisi psikis. Anda sebaiknya melatih diri supaya lebih rileks. Sebagian orang memang memiliki aktivitas kelenjar keringat lebih dibandingkan orang lain. 

Kondisi sering berkeringat disebut hiperhidrosis. Hiperhidrosis yaitu kondisi yang ditandai dengan produksi keringat berlebihan, namun tidak selamanya berkaitan dengan terjadinya penyakit berat. Hiperhidrosis terdapat dalam 3 bentuk: diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum.

Bila mengganggu maka mungkin Anda bisa mempertimbangkan beberapa cara yaitu :

  • Antiperspirant yang mengandung alumunium klorida heksahidrat, glutaraldehid, formaldehid, dengan kadar tinggi (15%) dengan cara dioleskan di malam hari pada kulit yang kering, daerah berambut (ketiak), dan dicuci di pagi hari. Penutupan daerah yang diberikan antiperspirant dengan plastik juga dapat dilakukan.
  • Teknik Iontophoresis, umum dilakukan pada hiperhidrosis telapak tangan dan kaki. Tangan diletakkan di dalam larutan berisi elektrolit dengan elektrik kadar rendah. Dapat efektif untuk kasus ringan
  • Suntikan Botulinum tipe A (suntik botox). Suntikan ini diberikan di daerah ketiak, telapak tangan dan kaki untuk mengurangi jumlah keringat. Botulinum akan memblok pengeluaran dari neurotransmiter (asetilkolin) dan merupakan terapi yang efektif selama 4-8 bulan. Suntikan ulang perlu dilakukan lagi di kemudian hari
  • Obat oral. Obat jenis glycopyrrolate dan propantheline bromide berfungsi mencegah terstimulasinya kelenjar keringat. Mereka memblok reseptor kolinergik. Beta bloker juga dapat digunakan untuk terapi keringat berlebih yang terjadi karena stres. Namun obat-obatan ini memiliki efek samping sehingga harus dipertimbangkan risikonya
  • Operasi. Hal ini dilakukan pada hiperhidrosis berat yang gagal dengan pengobatan lainnya. Operasinya dinamakan Endoscopic Thoracic Sympathectomy (ETS). Operasi hanya dilakukan bila cara konvensional tidak berhasilHingga saat ini, belum ada penanganan alami yang memberikan efek memuaskan. Penderita hiperhidrosis dapat berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pengobatan-pengobatan tersebut. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Telapak Tangan Berkeringat. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar