Sukses

Masturbasi berlebihan, apakah menyebabkan HIV?

05 Aug 2019, 15:22 WIB
Pria, 18 tahun.

Maaf dok mau bertanya, kalo onani berlebihan itu dapat menyebabkan HIV?

Terima kasih telah bertanya seputar masturbasi berlebihan apakah menyebabkan HIV menggunakan fitur Tanya Dokter.

Onani atau masturbasi merupakan suatu perangsangan seksual pada alat kelamin yang sengaja dilakukan untuk mendapatkan kepuasan seksual. Kebiasaan melakukan masturbasi bukanlah hal yang positif oleh karena itu kami tidak menganjurkan hal tersebut, terlebih jika dilakukan frekuensi yang sangat sering (hampir setiap hari).

Efek dari kebiasaan melakukan masturbasi lebih condong kepada masalah psikis dimana timbul pikiran terus-menerus untuk melakukan masturbasi. Selain itu, tindakan masturbasi juga dapat menyebabkan perlukaan dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengalihkan keinginan melakukan masturbasi adalah dengan melakukan hal-hal yang lebih positif seperti dengan berolah raga, melakukan hobi-hobi anda, berpuasa, beribadah, dll. Hindarilah hal-hal yang memicu anda untuk melakukan masturbasi.

Jika keluhan Anda muncul setiap melakukan masturbasi maka sebaiknya Anda mengurangi kebiasaan Anda tersebut. Keputihan yang Anda alami sebaiknya segera konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik menyeluruh.

Masturbasi berlebihan tidak menyebabkan HIV. HIV dapat ditemukan di dalam cairan tubuh orang yang terinfeksi. Cairan tubuh yang dimaksud adalah cairan sperma, cairan vagina, cairan anus, darah, dan ASI. Namun, HIV tidak dapat tersebar melalui keringat atau urine. HIV termasuk virus yang rapuh, tidak bisa bertahan lama di luar tubuh manusia.

Umumnya, penyebaran virus HIV terjadi melalui hubungan seksual yang tidak aman dan bergantian menggunakan jarum suntik saat memakai narkoba. Cara penyebaran lainnya termasuk:

- Penularan dari ibu kepada bayi pada masa kehamilan, pada saat proses melahirkan atau menyusui.

- Melalui seks oral.

- Melalui penggunaan alat bantu seks yang dipakai bergantian.

- Melalui transfusi darah dari orang yang terinfeksi.Memakai jarum, suntikan, dan perlengkapan menyuntik lain yang sudah terkontaminasi.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai masturbasi berlebihan apakah menyebabkan HIV. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar