Sukses

Rhinitis, Bisakah Sembuh
31 Jul 2019, 11:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

Salam, Slmt malam .. Sy Najla, ingin brtnya, sy prnh Ke RS krna kondisi sy sdh pilek wktu itu brbuln buln Dan kta dokter. Ny sy kena gjla rhinitis Dan smpai skrng sy msih suka kmbuhn tpi trgntung klo sy brada ditmpt ruangn Ber Ac rhinitis sy kmbuh Dan slalu klo kmbuh sy mrasa ad bau yg tidak sedap gitu,brrti apkh dingin juga bisa mnyebabkn rhinitis? Dan apakh btul rhinitis tidk dpt disembuhkn? Dan bisa Ke sinusitis? Knp sy bisa mndpt gjla rhinitis ya dok? Trimksih đŸ™đŸ»

Terima kasih telah bertanya seputar rhinitis menggunakan layanan Tanya Dokter KlikDokter.com.

Rinitis alergi tidak dapat disembuhkan total namun dapat dikontrol. Penyebab rinitis alergi paling sering di Indonesia adalah alergen (zat pencetus alergi) inhalan yaitu alergen yang masuk ke dalam tubuh dengan cara dihirup atau melalui saluran napas. Alergen yang paling sering ditemukan pada rinitis alergi di Indonesia atau negara tropis pada umumnya adalah tungau debu rumah, bulu binatang, dan kecoak. Alergen makanan sangat jarang menjadi pencetus rinitis alergi.

Penentuan alergen penyebab rinitis alergi dapat dilakukan melalui riwayat penyakit dan dapat didukung dengan tes alergi baik melalui darah atau pun tes kulit. Hal yang harus diperhatikan selain alergen adalah masalah polutan seperti asap rokok yang dapat merusak saluran napas. Polutan dapat memperberat penyakit alergi di saluran napas seperti asma dan rinitis alergi. 

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, misal Anda alergi debu berarti debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan masker penutup hidung dan mulut untuk menghindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai.

Demikian informasi seputar rhinitis yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar