Sukses

Ciri dan Tanda Kolesterol Tinggi
29 Jul 2019, 09:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

saya mau tanya dokter, ciri-ciri kolesterol tinggi apa ya?? apakah ada gejala nya??

Terima kasih telah bertanya tentang ciri dan gejala kolesterol tinggi melalui fitur Tanya Dokter. 

Kolesterol tinggi sering kali tidak menunjukkan gejala yang khas. Namun, beberapa hal yang mungkin dapat menjadi tanda kolesterol tinggi, adalah;

  • Kepala sakitPusing dapat dialami oleh penderita kolesterol tinggi akibat adanya penyumbatan pembuluh darah, terutama gejala muncul dengan keluhan sakit kepala di bagian belakang.
  • Rasa tidak nyaman di tengkukAdanya keluhan di area tengkuk kerap terjadi pada penderita kolesterol tinggi. Kondisi ini diduga karena adanya gangguan aliran darah pada area otot leher.
  • KesemutanJika tangan sering kebas atau kesemutan, Anda patut mencurigai kolesterol tinggi. Ini karena penelitian menyebutkan bahwa kolesterol tinggi berhubungan dengan adanya gangguan pada saraf tepi.
  • XanthelasmaXanthelasma adalah penampakan kolesterol yang menumpuk di bawah jaringan kulit. Gejalanya adalah timbulnya benjolan kecil berwarna kuning muda di ujung kelopak mata. Benjolan kecil juga bisa muncul di bagian lipatan tubuh seperti siku, tumit, dan lutut.
  • Nyeri dadaNyeri dada dapat terjadi apabila peningkatan kolesterol telah menyebabkan penyumbatan pembuluh darah jantung. Akibatnya, terjadi gangguan aliran darah menuju jantung, sehingga menimbulkan keluhan nyeri dada.
  • Perlemakan hatiKadar kolesterol yang tinggi di dalam darah dapat menyebabkan perlemakan hati. Ini adalah suatu kondisi saat organ hati dipenuhi oleh lemak dengan keluhan rasa tidak nyaman di perut, kembung dan mual.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai ciri dan gejala kolesterol tinggi. Semoga bermanfaat. Salam 

0 Komentar

Belum ada komentar