Sukses

Nyeri Otot Setelah Olahraga

29 Jul 2019, 11:54 WIB
Pria, 24 tahun.

Dokter dua hari yang lalu tulang ekor saya terasa sakit setelah bangun pagi. Lalu sore harinya saya olah raga lagi yang sudah lama tidak saya lakukan hingga malam hari saya susah tidur dikarenakan pinggang paha dan kaki saya nyeri menyebabkan saya susah tidur sampai sekarang walaupun saya sudah pergi ketukang urut untuk membantu menyembuhkan nyeri otot saya. Tks mohon bantuannga

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter Klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Jika benar yang Anda maksud adalah nyeri otot, keluhan Anda akan muncul terutama jika:

  • Anda melakukan aktifitas yang tidak biasa
  • Anda lakukanAnda tiba-tiba meningkatkan level intensitas gerakan anda atau meningkatkan lamanya waktu kerja.
  • Anda melakukan latihan eksentrik, yang malah memperpanjang bukannya memperpendek otot Anda

Perubahan-perubahan yang dilakukan dalam aktivitas yang Anda lakukan ini dapat menyebabkan cedera kecil yang disebut microdamage dalam serat otot dan jaringan ikat yang dikemudian hari akan membuat Anda merasakan sakit pada otot Anda.

Pertolongan pertama pada nyeri otot setelah berolahraga dapat dilakukan dengan mengompres air dingin pada onset awal kejadian, lalu mengistirahatkan otot tersebut untuk jangka waktu tertentu, pada hal ini keduanya sudah anda lakukan. Setelah 10 hari jika nyeri masih bertahan ada baiknya dilanjutkan dengan massage, memijat perlahan otot yang nyeri dan di kompres hangat sebelumnya dengan harapan akan memperlancar peredaran darah dan relaksasi otot yang tegang setelah olahraga berlebih sebelumnya.

Kami sarankan jika anda ingin memulai olahraga lagi, jangan tinggalkan pemanasan dan pendinginan paling tidak 10 menit sebelum dan sesudah berolahraga. 

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Nyeri Otot Setelah Olahraga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar