Sukses

Cara Menghilangkan Milia

29 Jul 2019, 04:51 WIB
Wanita, 18 tahun.

Halo dok, saya mau bertaya.. bagaimana cara menghilangkan milia? Saya sudah mengalami dr smp, sebelumya saya kira hanya jerawat batu, tp ternyata setelah saya googling* itu milia. Adakah cara/produk/perawatan yg bsa digunakan utk menghilangkannya? Atau jika ada perawatan wajah di klinik apa yg bagus agar hilang? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya tentang milia melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya, kondisi yang Anda alami perlu dipastikan dulu ke dokter kulit dan kelamin (SpKK) apakah betul milia (biang keringat) atau jerawat. Hindari melakukan terapi tanpa konfirmasi dari dokter yang terlatih karena memang terapinya berbeda.

Milia sangat umum ditemukan pada semua orang dari segala kelompok usia, termasuk bayi yang baru lahir. Pada bayi, milia akan menghilang secara spontan tanpa terapi apapun. Sementara pada dewasa, apabila tidak kunjung hilang atau mereda, beberapa pilihan terapi dapat dilakukan.

Milia dapat dihilangkan dengan teknik ekstraksi menggunakan jarum steril. Kendati mudah, namun kami tidak menyarankan untuk memencet atau mengeluarkan milia secara mandiri tanpa pengawasan Dokter atau tenaga medis terlatih karena tindakan tersebut dapat menyebabkan infeksi, menimbulkan bekas luka dan merusak jaringan kulit sekitar.

Beberapa jenis pengobatan hanya dapat dilakukan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, contohnya:

  • Cryotherapy (bedah beku)
  • Terapi laser
  • Mikrodermabrasi (prosedur untuk menghilangkan lapisan atas kulit secara mekanis)
  • Chemical peeling (prosedur untuk menghilankan lapisan atas kulit menggunakan cairan kimia)
  • Pemberian isotretinoin atau tretinoin dan atau tablet antibiotik minocycline.

Kami sarankan agar Anda berkonsultasi terlebih dulu ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin agar mendapatkan pemeriksaan menyeluruh. Dengan demikian, pengobatannya pun akan tepat.

Baca juga: 

Milia

Milia, Gangguan Kulit Wajah yang Mirip Jerawat dan Beruntusan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar milia. Semoga bermanfaat. (FA)

    1 Komentar

    • Erfan

      Hallo dok...saya mau konsultasi.saya ada Kelian milia di kelopak mata sudah menahun..gimana cara mengatasinya dok..