Sukses

Keluhan Sesak, Mulas dan Nyeri Pada Kehamilan

26 Jul 2019, 10:59 WIB
Wanita, 19 tahun.

Slmt mlm dok Saya sedang hamil 32week kenapa saya sering merasakan perut mulas,sesak nafas,dan nyeri pada bokong? Trimakasih dok

Terima kasih telah menggunakan fitur tanya dokter.

Memasuki usia 32 minggu atau trimester ketiga tentunya timbul permasalahan yang berbeda dari trimester sebelumnya. Keluhan sesak kemungkinan terjadi akibat volume darah yang mengalir dalam tubuh ibu hamil sangat meningkat jumlahnya dibandingkan  sebelum hamil. Oleh karena itu, jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh dan ke plasenta. Peningkatan kerja jantung tersebut kadang juga menimbulkan sensasi sesak napas.

Sesak napas yang wajar pada kehamilan biasanya mulai terjadi pada kehamilan di atas 20 minggu, dan ibu hamil masih bisa beraktivitas seperti biasa sekalipun napasnya terasa agak tidak nyaman. Jika sesak dirasakan sangat mengganggu dan semakin berat ini perlu diwaspadai dan membawa diri ke dokter. 

Untuk keluhan nyeri pada bokong dapat disebabkan ukuran janin yang membesar mengakibatkan penekanan pada daerah panggul hingga bokong. Sehingga ada sensasi pegal, nyeri pada daerah tersebut. Keluhan mulas sebaiknya dicari tahu apakah mulas terjadi setiap berapa menit sekali dan apakah sangat mulas. Normalnya ibu hanya akan merasakan kram-kram kecil di daerah perut tidak sampai mulai hebat seperti akan melahirkan.

Jika ketiga keluhan ini dirasakan cukup mengganggu ada baiknya segerea memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan terdekat. 

Demikian, semoga bermanfaat. 

    0 Komentar

    Belum ada komentar