Sukses

Infeksi CMV pada Anak

26 Jul 2019, 10:50 WIB
Pria, 46 tahun.

Saya mau tanya dokter, anak saya umur 3,5 tahun dan sampai saat ini anak saya belum bisa duduk, jalan dan berbicara menurut dokter anak saya ini kena Virus CMV katanya dan juga anak saya ini suka menggigit tangannya sendiri sampai berdarah, walaupun sudah berdarah tetap dia gigit kalau tidak di lepas dan juga tanganya sering di kepalkan dengan dikunci dan kadang kalau kita buka keras sekali, mohon penjelasannya dokter, thanks salam Dison di Samarinda.

Terima kasih telah bertanya mengenai cmv pada anak melalui fitur Tanya Dokter

CMV merupakan infeksi yang sangat sering didapatkan oleh anak balita, namun seringkali tidak bergejala, kalaupun ada gejala biasanya ringan – berupa demam ringan, nyeri tenggorokan, lemah, pembengkakan kelenjar limfe. Namun CMV dapat menyebabkan infeksi berat pada anak yang sistem pertahanan tubuhnya terganggu, seperti pada infeksi HIV, kemoterapi, pengobatan dengan steroid, atau transplantasi organ. Pada dasarnya CMV merupakan penyakit yang dapat sembuh sendiri karena merupakan penyakit virus. Pengobatan antivirus dengan infus hanya diberikan untuk anak dengan infeksi yang berat. Namun, virus tetap akan berdiam dalam tubuh dalam keadaan tidak aktif. Suatu saat, bila sistem imun tubuh melemah, virus ini bisa aktif kembali. Imunisasi CMV saat ini masih dalam tahap pengembangan.

Sebaiknya anak anda diperiksa oleh seorang dokter anak, agar dapat silakukan evaluasi menyeluruh. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai cmv pada anak . Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar