Sukses

Solusi fimosis

24 Jul 2019, 10:58 WIB
Pria, 24 tahun.

Saya laki-laki usia 24 tahun, saya baru sadar kalau saya mengidap fimosis ketika umur 16. Fimosis saya tergolong jenis yang paling parah karena kepala penis saya tidak bisa keluar sama sekali dan terdapat lapisan kulit yang tebal di ujung penis saya. Saya tidak pernah mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter karena selama ini saya tidak pernah merasa mengalami gangguan alat kelamin yang cukup parah. Sekarang saya merasa kondisi ini cukup mengganggu dan saya ingin mengobatinya, namun apakah ada solusi untuk kasus saya selain sirkumsisi dok? terima kasih.

Terima kasih telah bertanya seputar solusi fimosis menggunakan fitur Tanya Dokter.

Fimosis adalah kondisi di mana kulup penis menempel pada kepala penis, sehingga tidak dapat ditarik ke belakang. Kulup penis yang ketat memang sering terjadi pada anak laki-laki yang belum disunat atau disirkumsisi. 

Jika fimosis menyebabkan komplikasi seperti hambatan aliran air seni, diperlukan tindakan sirkumsisi atau sunat (membuang sebagian atau seluruh bagian kulit preputium) atau teknik bedah plastik lainnya seperti preputioplasty (memperlebar bukaan kulit preputium tanpa memotongnya). Hal ini diperlukan sesegera mungkin untuk mencegah komplikasi berlanjut seperti infeksi pada saluran kemih dan atau peradangan/pembengkakan pada kulup dan kepala penis (balanopostitis). 

Namun diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit anak Anda. Kami sarankan agar Anda berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah untuk diagnosis dan penatalaksanaan lebih lanjut.

Saat ini tidak ada penanganan fimosis selain sirkumsisi. Tidak perlu khawatir, saat ini metode sirkumsisi sudah banyak yang modern dan dapat dilakukan dengan minimal rasa nyeri.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai solusi fimosis. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar