Sukses

Kacamata Ultraviolet
23 Jul 2019, 07:19 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok,, boleh ngak sih kalau kita menggunakan kacamata anti radiasi untuk sehari hari... berkendara misalnya atau jalan jalan diluar gitu.. ada dampak negatif nya ngak sih...?? Trimakasih Dok...

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan tentang kacamata ultraviolet.

Agar kacamata hitam dapat efektif menghalau sinar ultraviolet, berikut 8 kriteria kacamata hitam yang perlu diperhatikan:

  • Pilihlah kacamata hitam dengan proteksi sinar UV hingga 100%

Lensa berbahan plastik maupun kaca dapat menyerap sinar Ultraviolet (UV). Namun, penyerapan sinar Ultraviolet (UV) dapat ditingkatkan dengan menambahkan bahan kimia untuk lensa selama manufaktur atau dengan menerapkan lapisan lensa khusus sehingga paparan sinar Ultraviolet (UV) tidak mengenai mata Anda.

  • Dibuat dan dikemas dengan baik

Pastikan bahwa lensa kacamata yang Anda beli dibuat dengan benar.  Untuk menilai kualitas kacamata hitam yang baik, Anda dapat melihat suatu benda pola persegi panjang, seperti ubin lantai. Selain itu, untuk menilai kualitas dari lensa kacamata yang Anda beli, Anda dapat memegang gelas pada jarak yang nyaman, kemudian tutupi satu mata Anda. Lalu, pindahkan gelas tersebut perlahan dari sisi ke sisi, naik dan turun. Jika garis tetap lurus, berarti lensa kacamata tersebut baik. Namun jika garis tampak bergoyang, terutama di bagian tengah lensa, cobalah untuk memilih kacamata lain.

  • Tahan benturan

Pilihlah kacamata yang sesuai standar SNI.  Lensa plastik mungkin lebih tahan dibandingkan dengan lensa kaca bila terkena lemparan bola ataupun batu. Namun, lensa berbahan policarbonated dapat berfungsi lebih baik. Pasalnya, lensa berbahan policarbonated menawarkan proteksi benturan, terutama untuk aktivitas dan olahraga yang berisiko tinggi.

  • Polarized

Lensa polarized menghilangkan silau sinar matahari yang memantul dari permukaan yang halus, seperti trotoar, jendela mobil, permukaan krom, atau air. Jenis kacamata ini sangat berguna untuk mengemudi dan memancing. Lensa Polarized tidak ada hubungannya dengan penyerapan sinar Ultraviolet (UV), tetapi banyak lensa yang terpolarisasi sekarang dikombinasikan dengan zat penghalang sinar Ultraviolet (UV). Oleh karena itu, periksalah label untuk memastikan lensa yang Anda beli memberikan perlindungan terhadap sinar Ultraviolet (UV) secara maksimal.

  • Lensa berwarna gelap

Warna dan tingkat kegelapan lensa tidak mengindikasikan kemampuan lensa untuk memblokir sinar Ultraviolet (UV). Namun, lensa yang berwarna lebih gelap dapat digunakan di keadaan yang lebih terang.

  • Photochromic

Lensa kacamata Photochromic secara otomatis menjadi gelap dalam cahaya terang, dan menjadi lebih terang dalam cahaya rendah. Meskipun lensa Photochromic mungkin dapat Anda jadikan pilihan, namun dibutuhkan waktu bagi lensa tersebut untuk menyesuaikan diri dengan kondisi cahaya yang berbeda.

  • Jenis bingkai kacamata

Bingkai kacamata hitam yang menutupi hingga bagian sekitar mata Anda, selain dapat membantu menghalau sinar Ultraviolet (UV), juga dapat mencegah pasir dan partikel debu masuk ke mata.

  • Shading kacamata

Kacamata dengan shading tunggal (lebih gelap di atas dan terang di bawah) dapat menghalau silau, namun membuat Anda tetap melihat jelas pada bagian bawah. Kacamata jenis ini baik digunakan saat mengemudi karena kacamata jenis ini tidak menghalangi pandangan Anda dari dashboard.

Baca juga:

Kacamata Hitam untuk Halau Sinar Ultraviolet

Warna Lensa Kacamata Hitam Bisa Pengaruhi Kesehatan Mata?

Bagian Tubuh Mana Saja yang Perlu Tabir Surya?

Demikian informasi tentang kacamata ultraviolet. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar