Sukses

Penanganan Wasir

22 Jul 2019, 12:56 WIB
Pria, 23 tahun.

Dok mau nanya, tahun 2016 saya mengalami gejala pendarahan saat mengeluarkan feses, kamudian saya biarkan (tdk melakukan apaapa) sampai tahun 2018 lalu. Tahun 2019 ini baru saya khawatir mengenai gejala saya yang sulit bab dan pengeluaranny gak lancar, terus saya cari info di internet kemungkinan besar terkena wasir. Kemarin sehabis BAB, waktu itu mengejannya terlalu keras tiba2 muncul benjolan kecil yang gak bisa lagi di masukin di anus. Itu gmn dok ? apakah sudah termasuk wasir stadium iv atau gmn

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya tentang wasir menggunakan fitur Tanya Dokter.

Wasir/ ambeien/hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus dan tidak berhubungan dengan penyempitan saraf. Tipe dan derajat hemorrhoid bervariasi; mulai dari yang dapat terlihat tepat pada muara rektum/dubur/anus, hingga hemorrhoid yang hanya keluar saat mengejan dan kemudian dapat masuk spontan atau perlu pendorongan dengan tangan, hingga yang tidak dapat dimasukkan kembali.

Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari :

  • Minum banyak air
  • makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dan sebagainya) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.
  • Obat-obatan yang diberikan bukan untuk menghilangkan wasir secara permanen, tetapi hanya untuk mencegah dan mengatasi gejalanya. Karena penggunaan obat-obatan yang tanpa dibarengi dengan modifikasi gaya hidup, tidak akan bermakna untuk mencegah timbulnya gejala. Apabila ada keluhan nyeri, biasanya Dokter akan memberikan anti nyeri yang diberikan dengan cara dimasukkan ke dalam anus, atau menggunakan krim anti nyeri serta obat minum. Hanya jika dengan perubahan gaya hidup, wasir tetap menimbulkan rangkaian gejala, maka tindakan operasi terpaksa harus dilakukan.

Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Bedah, karena tata laksana wasir hanya dapat diberikan apabila derajat keparahan telah diketahui melalui pemeriksaan fisik dan penunjang yang memadai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan terkait cara mengobati wasir, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar