Sukses

Sariawan Pasca Cabut Gigi
22 Jul 2019, 09:40 WIB
Pria, 22 tahun.

Saya cabut 2 gigi (bawah 1 dan atas 1) sudah 5 hari dan di 3 hari pertama muncul sariawan yg lumayan lebar di gusi dekat dengan tempat di belinya suntikan bius pada saat cabut gigi yg bagian atas, dan sampai sekarang sariawannya belum hilang. Kira-kira apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkan luka sariawan itu?

Terima kasih sudah bertanya seputar Sariawan Yang Muncul Setelah Pencabutan Gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Lama waktu penyembuhan yang normal setelah cabut gigi biasanya 2-5 hari, tergantung dengan metabolisme tubuh orang tersebut.Tapi 5 hari pertama setelah pencabutan gigi adalah masa kritis apakah penyembuhan akan berjalan normal atau tidak. Nyeri di gusi bisa jadi akibat gusi terluka kena alat-alat gigi, namun biasanya akan cepat sembuh dengan kumur larutan yang mengandung antiseptik atau anti radang seperti kandungan Chlorhexidine.

Dan yang perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral.

Mengingat luka dalam rongga mulut dapat berindikasi beberapa penyakit ada baiknya anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Penyakit Mulut (SpPM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya, terutama bila sariawan tersebut tak kunjung sembuh dalam 2 minggu.

Baca juga artikel terkait :

- Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

- Sering Sariawan, Haruskah Khawatir?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar