Sukses

Buccal Tube Lepas
22 Jul 2019, 09:13 WIB
Wanita, 19 tahun.

Permisi Dok. Saya ingin bertanya. Jadi saya memakai kawat gigi baru 1 bulan. H+1 kontrol, buccal tube lepas. Sedangkan saya jadwal kontrol 2 minggu lagi, karena dokter nya di luar kota. Kira-kira solusinya bagaimana ya dok? Saya takut akan mempengaruhi kerja kawat giginya. Mohon bantuannya.

Terima kasih sudah bertanya seputar buccal tube yang lepas melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti keadaan yang anda alami.  Kunci behel atau yang biasa disebut juga Buccal Tube berfungsi untuk menahan kawat agar tidak mudah bergeser, sebagai penjangkaran agar gigi geraham tidak ikut bergerak kemana-mana. Kawat yang bergeser dapat melukai mukosa pipi. Karena posisi buccal tube berada pada permukaan gigi geraham yang menghadap ke mukosa pipi, maka keberadaannya seringkali lepas akibat penggunaannya dalam mengunyah.

Kami menyarankan agar sebaiknya Anda segera melakukan kontrol ke dokter gigi untuk menempelkan kembali buccal tube yang lepas. Alternatif lain bila buccal tube sering lepas adalah dengan memakai Molar Band, yaitu selapis besi tipis berbentuk seperti cincin mengelilingi gigi geraham yang ditempelkan buccal tube. Dengan menggunakan Molar band tersebut maka kemungkinan untuk lepas akan lebih kecil sehingga perawatan tidak akan terhambat.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar