Sukses

Mana Yang Lebih Dahulu Pembersihan Karang Gigi Atau Pencabutan?
22 Jul 2019, 08:54 WIB
Pria, 27 tahun.

selamat siang dok...mau tnya.sya ada masalah sma gigi berlubang dan karang gigi.pertma sya priksa ke dokter gigi katanya suruh scalling gigi dlu bru bisa ditambal,karena biaya scalling mahal jd sya priksa ke puskesmas.di puskesmas disarankan buat cabut gigi dulu bru bisa scalling,katanya percuma klo scalling dlu nnt jg akan kotor lgi.mnta sarannya dok.rima ksaih....

Terima kasih sudah bertanya seputar penrawatan karang gigi dan pencabutan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawtiran Anda. Dalam melakukan perawatan gigi yang terdapat keluhan seperti gigi berlubang dan karang gigi maka untuk menentukan perawatan mana yang harus didahulukan dilihat berdasarkan kondisi kerusakan yang telah ditimbulkan dari gigi berlubang dan karang gigi tersebut. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi.

Karang gigi atau Dental calculus  dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik atau dengan hand instrument.  Scaler ultrasonik bekerja dengan cara vibrasi atau getaran pada ujung alat yang dapat dilepas dan disterilisasi. Bagian ujung alat tersebut juga menyemprotkan air sehingga membilas karang gigi dan menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin, karena panas yang timbul akibat gesekan ujung alat dengan gigi dapat menyebabkan trauma pada pulpa gigi. Vibrasi dari ujung scaler tidak merusak email, selama email gigi terbentuk dengan sempurna.

Baca juga artikel terkait :

- Pembersihan Karang Gigi Merusak Email?

- Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

- Gigi Berlubang, Ditambal atau Dicabut?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar