Sukses

Benjolan Payudara Kambuh Lagi

22 Jul 2019, 00:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya mau tanya, tahun 2014 saya pernah operasi karena Giant fam di payudara sebelah kiri. Pada tahun 2019 sekarang ini saya merasakan ada benjolan lagi di payudara sebelah kiri saya. Saya berpikir apakah mungkin ini adalah Giant fam sama seperti yg saya alami tahun 2014 lalu atau yg lain. Saya mau bertanya apakah memang terdapat kemungkinan jika Giant fam terjadi lebih dari 1 kali? Dan menurut sepengetahuan saya Giant fam tidak berbahaya, dokter yang melakukan biopsi tahun 2014 lalu juga mengatakan bahwa ini tidak bahaya dan tidak harus di operasi. Sehingga saya berpikir kalau kali ini saya biarkan saja karena belum ada biaya. Apakah aman jika saya tidak melakukan operasi? Dan apakah ada cara alternatif selain Operasi untuk menghilangkan Giant fam ini?

Terimakasih telah bertanya seputar FAM melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kondisi Anda.

Dari ceritanya, kemungkinan terbesar Anda mengalami benjolan payudara yang disebabkan oleh FAM yang kambuh.

Fibroadenoma mammae (FAM) merupakan tumor jinak payudara yang umum ditemukan pada wanita di bawah usia 30 tahun seperti Anda. FAM merupakan gabungan antara jaringan glandula (kelenjar) dan fibrosa dan terjadi akibat adanya kelebihan hormon estrogen sehingga umumnya akan terjadi pembesaran atau pembentukan benjolan baru saat menstruasi atau hamil karena produksi hormon estrogen meningkat. Satu-satunya cara untuk menghilangkan tumor ini adalah dengan operasi.

Namun demikian, FAM dapat kambuh lagi pada 20% kasus yang dioperasi. Karena itu, setelah operasi perlu perubahan gaya hidup terutama terkait diet agar FAM tidak kambuh. Diet yang dianjurkan adalah diet tinggi serat, sayur dan buah, serta berolahraga dengan intensitas sedang setiap minggunya. Selain itu, sebisa mungkin hindari makanan-makanan siap saji yang dapat memicu FAM tumbuh kembali.

Sebaiknya, saat ini kembali ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan konfirmasi apakah betul ini FAM yang kambuh atau merupakan jenis benjolan yang lain. Jika betul FAM yang kambuh, maka saran penanganannya tidak akan jauh berbeda dengan yang lalu, hanya saja perlu upaya lebih untuk mencegah kekambuhan berikutnya.

Baca juga: Fibroadenoma

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar FAM. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar