Sukses

Konsumsi paracetamol tiap nyeri kepala, amankah?
19 Jul 2019, 22:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok , sebenar nya mengkonsumsi paracetamol jika nyeri sakit kepala itu boleh tidak dok, karena setiap saya merasakan sakit kepala saya meminum paracetamol ini dok ?

Terima kasih telah bertanya seputar konsumsi paracetamol tiap nyeri kepala, amankah menggunakan fitur Tanya Dokter.

Paracetamol merupakan obat pereda rasa nyeri serta penurun demam yang dianggap paling aman dikonsumsi setiap orang kecuali mereka yang alergi, maupun memiliki gangguan pada hati karena proses pengolahanya dilakukan di hati. 

Dosis paracetamol yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah: 325-650 mg setiap 4 jam dalam waktu 24 jam (6 kali dalam sehari) 1000 mg setiap 6-8 jam dalam waktu 24 jam (3-4 kali sehari). Dalam sehari tidak boleh lebih dari 4 gram. Atau, bila Anda mengkonsumsi paracetamol 500 mg berarti 1-2 tablet 500 mg, 3-4 kali dalam sehari, maksimal 8 tablet sehari.

Dosis paracetamol yang dianjurkan untuk anak-anak adalah:

- kurang dari 12 tahun : 10-15 mg/kg berat badan (dihitung berdasarkan berat badan) setiap 4-6 jam selama 24 jam (berarti boleh 4-6 kali dalam sehari), dengan dosis maksimal 2,6 gram dalam sehari,

- Lebih dari 12 tahun : 40-60 mg/kg/per (dihitung berdasarkan berat badan) hari dibagi menjadi setiap 6 jam (4 kali dalam sehari), dengan dosis maksimal 3,75 gram sehari.

Namun, tentunya tidak baik mengkonsumsi obat setiap hari jika memang tidak diperlukan. Mengapa Anda mengkonsumsi paracetamol setiap hari? Jika Anda memiliki keluhan seperti demam atau nyeri kepala yang tidak membaik dengan obat paracetamol, sebaiknya Anda periksakan ke dokter agar dapat dicari tahu penyebab dari gejala Anda tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai konsumsi paracetamol tiap nyeri kepala, amankah. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar