Sukses

Vitamin penambah darah, multivitamin, serta daya tahan tubuh.
19 Jul 2019, 22:23 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok,apakah mengkonsumsi vitamin penambah darah boleh untuk digunakan dalam setiap hari dan apakah tidak ada resikonya, ? dan vitamin apa saja yang dibutuhkan untuk menjaga daya tahan tubuh dan yang bisa mengurangi sakit kepala ?

Terima kasih telah bertanya seputar vitamin penambah darah, multivitamin, serta daya tahan tubuh menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kondisi apa yang membuat anda membutuhkan vitamin konsumsi penambah darah setiap hari? Jika pada pemeriksaan kadar hemoglobin anda masih dalam rentang aman, maka anda tidak akan membutuhkannya. Normalnya kadar hemoglobin pada pria adalah 13,8-17,2 gram per desiliter. Sedangkan pada wanita normalnya adalah 12,1-15,1 gram per desiliter. Apabila kadar hemoglobin berada di bawah nilai patokan normal maka dapat dikatakan mengalami anemia. Jika anda kelebihan zat besi yang terdapat pada vitamin penambah darah akan terjadi masalah pencernaan seperti nyeri perut, mual sembelit, BAB berubah warna menjadi hitam dan akan malas untuk makan.

Untuk menjaga daya tahan tubuh, anda harus perhatikan beberapa hal:

1. Tidur: 

- Cukupkan dan jagalah pola tidur

- Hindari begadang sebisa mungkin, apalagi jika Anda wanita.

- Orang dewasa dianjurkan untuk tidur 7- 8 jam setiap harinya. 

2. Kurangi pikiran yang menambah beban:

Hidup ini terlalu sebentar untuk Anda sibukkan dengan pikiran-pikiran negatif. Waktu yang Anda habiskan untuk berserius-ria, sebaiknya seimbang dengan waktu relaksasi Anda. Perbanyaklah berkumpul bersama orang-orang yang menyenangkan dan dapat memberikan energi positif pada diri anda sehingga dapat membantu mengurangi stres Anda.

3. Suplemen dan nutrisi yang bisa anda dapatkan pada:

- vitamin C: buah-buahan sitrus seperti jeruk, dan jambu biji

- vitamin D: ikan salmon dan ikan tuna, susu serta produk turunannya

- zink: menjaga kondisi saluran pencernaan serta sebagian besar sistem perlindungan tubuh kita terdapat di saluran pencernaan. Jika saluran cerna bermasalah, akan memudahkan Anda untuk terserang infeksi.

Mengenai nyeri kepala yang anda rasakan dibutuhkan wawancara medis yang lebih mendalam dan pemeriksaan fisik dan penunjang jika kiranya diperlukan. Ada baiknya anda mengunjungi dokter umum maupun spesialis penyakit dalam jika keluhan anda sudah lama menetap.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai vitamin penambah darah, multivitamin, serta daya tahan tubuh. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar