Sukses

Biduran Terus Menerus
19 Jul 2019, 14:06 WIB
Pria, 48 tahun.

Halo dok, nama saya Samudra, mengalami gatal2 atau biduran sdh setahun ini, mulanya adalah hanya gatal2 dan bentol2 disekitar seputaran pinggang, saya pikir krn celana jeans yg sempit jadi munhkin memerah dan gatal,, ttp sering terjadi, sampai memasuki bulan ke 4 gatalnya sdh terdakang di semua are tubuh, kadang dikaki, tangan dll, bahkan di kulit kepala, kelopak mata juga sy pikir sakit mata krn bemgkak, akhir sejak bulan kw empat itu saya makan obat alergi Ceterizin, sesudah itu jadi rutin alerginya pasti keluar setiap 2 hari, mis senin pagi keluar gatalnya, lgsg makan obat, rabu pagi pasti keluar lagi gatalnya jd siklusnya sdh rutin begitu terus sampai sekarang, tidak perduli apakah di daerah dingin, panas, pakai atau tidak, makan sehat atau junkfoood, intinya setiap 3 hari pasti keluar gatal2nya, demikian info ttg derita penyakit yg saya alami, terimakasih atas saran dan petunjuknya dok,,, 🙏🙏🙏🙏🙏

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Biduran istilah medisnya adalah urtikaria. Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk. Setiap kapankah Anda mengalami biduran atau alergi tersebut? Apakah Anda sudah pernah diperiksakan ke dokter atau diberikan obat? Bagaimana hasilnya?

Untuk mendiagnosis suatu kelainan kulit, diperlukan wawancara medis serta pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang secara langsung.

Diduga penyebab urtikaria bermacam-macam, diantaranya:

Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, biasanya sembuh sendiri

Anda perlu mengenali bahan / alergen yang menyebabkan biduran pada Anda, sehingga dapat menghindari alergen tersebut. Sebab, biduran tidak mungkin timbul tanpa penyebab yang mendasarinya.

Biduran tersebut dapat dihilangkan dengan obat antihistamin. Namun jika Anda tetap berkontak dengan hal-hal penyebab alergi, biduran akan tetap muncul. Tetap sangat penting bagi Anda untuk menentukan kira-kira apa penyebab bidurannya. 

Untuk mengetahui penyebab alergi, bila sulit mencarinya secara sendiri Anda juga dapat melakukan serangkaian tes alergi yang dilakukan oleh dokter. Nanti akan ketahuan zat-zat apa saja yang bisa menyebabkan biduran pada Anda. Oleh karena itu, kami anjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar