Sukses

Tangan dan Kaki Lemah Pasca Mengonsumsi Makanan Berlemak
19 Jul 2019, 13:36 WIB
Pria, 26 tahun.

Mau tanya dok saya laki laki umur 26 taun kenapa ya dok setiap kali saya makan yang berminyak atau berlemak tubuh saya terasa aneh kadang tangan saya jadi lemah terus jari tangan itu selalu nekuk kedalam dan susah untuk diluruskan begitu pun kaki kadang sampai susah buat berjalan mohon solusinya dok.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda. Tangan dan kaki lemah menunjukkan adanya gangguan saraf tepi. Bagaimana dengan kesemutan, pernahkah Anda merasakan tangan kebas atau kesemutan?  Anda patut mencurigai adanya gangguan kolesterol sebagai penyebab keluhan lemah dan mungkin kesemutan yang Anda rasakan di tangan.

Nyatanya, tingkat kolesterol yang tinggi berhubungan dengan gangguan saraf tepi. Hal ini adalah kesimpulan dari berbagai penelitian medis, yang menyimpulkan bahwa gangguan kolesterol berhubungan dengan berbagai gangguan saraf tepi seperti polineuropati akson distal, gangguan penglihatan, gangguan pendengaran, dan gangguan sistem saraf autonom.

Bagaimana kolesterol menyebabkan gangguan saraf tepi? Terdapat beberapa mekanisme terjadinya gangguan saraf tepi yang disebabkan oleh gangguan kolesterol. Kolesterol dapat menyebabkan gangguan saraf tepi dengan meningkatkan produksi reactive oxygen species (ROS). Selain itu, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan peradangan pada saraf dan pada akhirnya menyebabkan sensasi kesemutan atau.

Pernahkah Anda mengecek kadar kolesterol dalam darah Anda? Apakah nilainya lebih tinggi dari normal?

Kadar kolesterol yang tinggi dapat ditangani dengan berbagai cara, yang dimulai dengan perubahan pola hidup. Salah satu komponen perubahan pola hidup ini adalah diet yang sehat, yaitu dengan mengurangi makanan yang mengandung lemak saturasi dan meningkatkan konsumsi buah dan sayuran. Jangan lupa juga untuk berolahraga secara teratur dan menjaga berat badan ideal. Jika perubahan pola hidup tidak dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, maka penggunaan obat bisa disarankan oleh dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar