Sukses

BAB berdarah
19 Jul 2019, 09:41 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok kalo saat pup/bab mengeluarkan darah itu merupakan gejala penyakit apa ya? Lalu bagaimana mengatasinya/obatnya. Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar BAB berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Berikut adalah beberapa penyebab tersering BAB berdarah:

  • Wasir atau ambeien merupakan penyebab BAB berdarah yang paling sering ditemui. Wasir adalah pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena pada daerah anus.Kondisi ini ditandai dengan adanya benjolan di anus yang terasa nyeri dan munculnya bercak darah segar saat buang air besar. .
  • Polip adalah pertumbuhan jaringan di dinding usus yang menjorok ke arah lumen usus. Polip biasanya bersifat jinak, namun bisa menyebabkan perdarahan pada saluran cerna. Jika dibiarkan terus-menerus perdarahan ini dapat berujung fatal.
  • Kanker usus. Gejala kanker usus meliputi gangguan buang air besar, BAB berdarah, perut kembung, gangguan pencernaan, nyeri perut, penurunan berat badan dan badan lemas.  Masalah kesehatan ini disebabkan oleh genetik, kurangnya konsumsi serat, dan kebiasaan merokok.
  • Ulkus lambungUlkus lambung adalah luka pada dinding lapisan dalam lambung yang menyebabkan nyeri pada ulu hati setelah makan, mual dan perdarahan saat buang air besar, yang ditunjukkan lewat feses yang berwarna gelap. Penyebab ulkus lambung ini beragam, diantaranya peningkatan asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan dapat juga disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori.

Maka dari itu, untuk memastikan penyebabnya sebaiknya kami sarankan anda untuk memeriksakan diri ke fasilitias kesehatan terdekat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar