Sukses

Mata Buram Setelah Kecelakaan
19 Jul 2019, 07:11 WIB
Wanita, 21 tahun.

Mau tanya dokter, saya 1 bln yang lalu kecelakaan motor, di jidat sebelah kanan atasnya alis mata kanan sampai di jahit, nah mata saya dua2nya tidak mengalami retina yg rusak atau pembuluh darah pecah, tapi saat 1 minggu setelah saya sadar dan ingat kembali, pandangan saya sebenarnya ya biasa saja waktu pakai kacamata minus kan mata saya minus, nah tapi kadang seperti ada tambahan cahayanya kuning maksudnya pandangan saya agak menjadi buram dan tidak seperti biasanya, cara mengatasinya bagaimana ya dokter? apa karna masih ada trauma atau pikiran saya yg masih stress? lama-lama bisa normal kembali kan dokter? apa minus saya yg bertambah?

Terima kasih telah bertanya seputar mata buram setelah kecelakaan melalui fitur Tanya dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mengenai mata buram yang Anda ceritakan ada kemungkinan bahwa Anda memiliki Trauma Optic Neuropathy (TON) yang dimana adalah suatu kondisi di mana terjadi cedera akut pada saraf optik / penglihatan dan secara langsung atau tidak langsung menyebabkan kehilangan penglihatan.

Tanda TON;

-penurunan tajam penglihatan-Penglihatan warna menurun (dyschromatopsia)-Pupil aferen cacat-Defisit lapang pandang

Sedangkan gejala TON, yang dirasakan penderita;

-pandangan kabur-scotomas atau terdapat titik buta-Sensasi Penurunan warna

Terapinya masih menjadi kontroversi. Beberapa ahli merekomendasikan pemakaian kortikosteroid dosis tinggi. Namun pada beberapa studi yang telah dilakukan tidak menunjukkan perbedaan dalam ketajaman visual akhir antara pasien dengan TON yang diamati, baik diberikan steroid maupun tidak.

Tindakan bedah untuk TON terbukti tidak bermanfaat, seperti yang dilansir dalam The International Optic Nerve Trauma Study. Komplikasi bedah yang serius justru dapat terjadi ketika operasi dekompresi untuk TON seperti infeksi (meningitis), kebocoran CSF, dan eksaserbasi / kekambuhan TON / neuropati optik traumatis. Sedangkan Komplikasi dari steroid dosistinggi, termasuk infeksi berat pada luka dan perdarahan saluran cerna.

Oleh karena itu, sampai saat ini belum ada terapi yang dapat menyembuhkan TON secara total. Namun tentunya kondisii ini berbeda-beda tergantung dari kondisi tubuh penderita, dan keparahan cedera yang terjadi.

Namun, Ada baiknya Anda kembali berkonsultasi dengan dokter spesialis Mata yang merawat Anda mengenai kondisi ini sebelumnya. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar