Sukses

Penyebab Pusing

19 Jul 2019, 07:10 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok saya akhir" ini sering pusing mendadak to cuma sebentar trus normal lg. Sering lemes kaki nya mudah lapar dan mudah kenyang. Keseharian saya tidur dibawah jam 2 pg. Bangun sholat subuh lalu tdr dan bangun lg jam 12 siang juga ga pernah sarapan pg. Makan jam setengah 3 sore. Punya mag dan dada kadang sesak. Ada gejala penyakit tertentu ngga ya dok ??

Terimakasih telah bertanya tentang pusing dan mual melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelum menyimpulkan kondisi yang Anda alami, kami perlu tahu apakah pusing yang dialami sifatnya berputar atau nyeri? Jika ini pusing berputar yang disertai dengan mual dan muntah, sepertinya Anda mengalami yang disebut dengan vertigo.

Vertigo termasuk kedalam gangguan keseimbangan yang dinyatakan sebagai pusing, pening, sempoyangan, rasa seperti melayang atau dunia seperti berjungkir balik. Keluhan lain yang berhubungan dengan vertigo adalah berkurangnya pendengaran, telinga berdenging (tinnitus), mual, muntah, atau rasa penuh pada telinga.

Vertigo dapat disebabkan oleh kelainan di dalam telinga, di dalam saraf yang menghubungkan telinga dengan otak dan di dalam otaknya sendiri.  Vertigo juga dapat berhubungan dengan kelainan penglihatan atau perubahan tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba.  Penyebab dari vertigo dapat bermacam-macam dari keadaan yang ringan hingga keadaan berat, secara garis besar meliputi:

  1. Keadaan lingkungan seperti motion sickness (mabuk darat, mabuk laut).
  2. Obat-obatan seperti gentamisin dan konsumsi alkohol.
  3. Kelainan aliran darah seperti pada transient ischemic attack (gangguan fungsi otak sementara karena berkurangnya aliran darah sementara ke salah satu bagian otak).
  4. Kelainan di telinga, yaitu terdapat endapan kalsium pada salah satu kanalis semisirkularis di dalam telinga bagian dalam, infeksi telinga bagian dalam, labirinitis (infeksi labirin di telinga dalam), peradangan saraf telinga, dan penyakit Meniere.
  5. Kelainan saraf, seperti sklerosis multipel, patah tulang tengkorak yang disertai cedera pada labirin, persarafannya atau keduanya, tumor otak yang menekan persarafan ke daerah telinga dan keseimbangan.
  6. Kelainan/cedera pada tulang belakang bagian leher sehingga persarafan terganggu.

Pada vertigo perifer (yang bukan berasal dari otak sebabnya), pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan ini di rumah agar telinga Anda beradaptasi dengan posisi tersebut. Manuver tersebut biasa dikombinasi dengan obat-obatan yang diminum untuk mengurangi gejala.

Berikut kami sertakan pula artikel yang dapat membantu Anda:

Selain vertigo, jenis sakit kepala lain juga dapat menyebabkan keluhan mual. Selengkapnya di sini: Mengatasi Sakit Kepala Kronik.

Kami sarankan agar Anda membawa istri Anda ke dokter THT atau dokter saraf untuk diperiksa secara langsung sehingga dapat ditentukan penyebabnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pusing dan mual Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar