Sukses

Lubang Kecil Dekat Telinga

19 Jul 2019, 07:10 WIB
Wanita, 14 tahun.

Anak saya terkena Fistula Preaurikular, umur 6tahun sdh dioperasi 2 kali, dan pembedahan 4kali... setelah itu sembuh, tp stelah 8thn, Fistula Preaurikular kembali bengkak dan meradang, sdh diberi antibiotik sm DR THT, dan disarankan utk operasi kembali... Pertanyaan sy, apa harus terus berulang dan dioperasi berulang? Apa saya perlu ganti DR THT, Atau kah sy ke DR bedah atau DR kulit... Mohon dijawab... terima kasih

Terima kasih telah bertanya tentang Lubang Kecil Dekat Telinga melalui fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Apabila tidak dijumpai adanya gejala maka pengobatan fistula preaurikular tidak diperlukan. Cukup menjaga lubang tersebut untuk tetap kering dan bersih dan tidak tersumbat oleh kotoran untuk mencegah timbulnya infeksi. Tetapi bila terjadi infeksi biasanya menyebabkan daerah di depan daun telinga bengkak dan sakit yang mungkin pecah serta bernanah.

Hal ini diterapi dengan antibiotika dan dilakukan pengangkatan fistel itu seluruhnya, oleh karena bila tidak bersih akan menyebabkan kekambuhan.

Untuk itu kami menganjurkan anda untuk segera memeriksakan diri kepada dokter THT. Bila benar lubang tersebut merupakan fistel yang terinfeksi, maka infeksi perlu terlebih dahulu ditangani hingga radang mereda. Barulah kemudian dilakukan pengangkatan pada lubang fistel tersebut.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Lubang Kecil Dekat Telinga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar