Sukses

Alergi paracetamol
18 Jul 2019, 11:19 WIB
Pria, 18 tahun.

Mau tanya dok. Setiap saya minum obat paracetamol, saya sering mengalami biduran/urtikaria (saya juga tidak tahu apakah namanya benar atau tidak. Yg jelasnya timbul bentol-bentol di sekujur badan biasanya timbul di area lengan, dahi, kepala, punggung, paha. Ketika digaruk malah semakin membesar/menyebar) Apakah itu mmng efek samping dari obat paracetamol? Jika iya, apakah saya kena penyakit tertentu jika timbul efek samping seperti ini

Terima kasih telah bertanya seputar alergi paracetamol menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Dari informasi yang anda berikan, sepertinya anda alergi akan paracetamol maupun obat paten lainnya yang mengandung paracetamol. 

Jika Anda mengalami alergi obat, maka sebaiknya Anda menghentikan semua obat-obatan anda terlebih dahulu lalu kembali melakukan kunjungan ke dokter yang menangani Anda untuk dilakukan proses challenge obat. Setelah gejala hilang, obat-obat tersebut dapat dicoba diberikan kembali dimulai dengan dosis yang kecil di bawah pengawasan dokter. Bila terdapat gejala flushing dan gatal dengan atau tanpa lesi (biasanya) di wajah yang tidak berat, gejala dapat hilang sendiri. Obat antihistamin dapat diberikan bila flushing dirasa mengganggu. 

Hal tersebut memnang baru dapat dipastikan setelah mendapatkan informasi lanjut dari wawancara medis, pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang. Oleh karena itu kami menyarankan Anda menghentikan sementara pemberian semua obat dan kembali ke dokter Anda untuk memastikan apakah benar keluhan yang Anda alami merupakan reaksi simpang obat tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai alergi paracetamol. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar