Sukses

Benjolan di dubur

18 Jul 2019, 08:23 WIB
Pria, 33 tahun.

Saya mengalami benjolan di belakang dubur kira-kira sebesar ibu jari dan sangat sakit dan senak. Amat tidak selesa. Pergerakan saya terbatas sebab sakit. Bila disentuh makin sakit. Saya pernah didiagnos mengalami internal haemorroid cuma on medication. Benjolan itu keluar ketika saya meneran ejaculation tempohari.

dr. Adeline Jaclyn

Dijawab Oleh:

dr. Adeline Jaclyn

Terima kasih telah bertanya mengenai benjolan di dubur melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda.   

Agak sulit bagi kami untuk menentukan apa penyebab dari benjolan dubur Anda apabila tidak melihat dan memeriksa secara langsung. Benjolan dekat dubur seperti yang Anda keluhkan dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya adalah infeksi(bisul) dan pelebaran pembuluh darah vena(wasir/hemorhoid). Namun perlu ditelaah lebih lanjut mengenai benjolan tersebut, apakah berasal dari lubang dubur atau berasal dari sekitar anus? seandainya berasal dari lubang dubur, apakah benjolan tersebut dapat masuk kembali dengan sendiri, perlu dibantu untuk dimasukkan, atau tidak dapat masuk dan terus-menerus berada di luar? Hal ini penting untuk menentukan stadium hemoroid. bagaimana karakteristik dari benjolan mulai dari bentuk, ukuran(menetap/makin besar), permukaan(rata/berbenjol), tepi/batas(tegas/tidak), konsistensi(kenyal/padat), isi(cairan/darah/nanah) serta ada atau tidaknya nyeri tekan?

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcusdan staphylococcus). Umumnya bisul dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh. Bisul biasanya diobati dengan kompres, salep antibiotik atau jika bisul besar dan ada nanah, dapat dilakukan pengambilan nanah. 

Wasir atau ambeien merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Yang perlu dilakukan terlebih dahulu adalah perubahan gaya hidup. Yang dimaksud disini dengan perubahan gaya hidup diantaranya adalah minum banyak air (8 gelas/hari), makan makanan yang mengandung banyak serat, olahraga, mengurangi mengedan dan jangan menunda BAB.

Terdapat krim yang digunakan untuk wasir namun krim tersebut hanya mengurangi rasa sakit saja dan bukan menyembuhkan. Penyembuhan sempurna dari wasir adalah dengan melakukan terapi operatif dan perubahan gaya hidup. Terapi operatif pun sekarang tidak harus diangkat dengan pisau bedah, namun bisa melalui tindakan yang disebut Rubber Band Ligation, suntikan Sklerotherapy pada wasir, dan infrared coagulation.

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, kami sarankan anda memeriksakan diri Anda ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, agar diagnosis pasti dapat ditegakkan dan Anda mendapatkan pengobatan yang optimal.

 

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan seputar benjolan di dubur. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat.

0 Komentar

Belum ada komentar