Sukses

retinal detachment

15 Jul 2019, 21:48 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saya ingin bertanya ttg Retinal Detachment. Apakah yg dimaksud dgn tindakan VX + EL + SO pada mata? Apakah operasi tersebut harus bertahap? Apakah pilihan teraman bius lokal atau total? Terimakasih utk infonya. Gbu.

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Retinal detachment atau ablasio retina adalah lepasnya lapisan retina dari tempatnya menempel yaitu di bagian dalam mata. Retina adalah jaringan tipis yang terdirii dari sel dan serabut saraf dan berfungsi sebagai tempat berkumpulnya cahaya yang difokuskan oleh lensa mata. Setelah difokuskan, cahaya akan diteruskan oleh sel - sel retina ke otak dengan saraf optik. Ablasio Retina merupakan hal yang serius dan harus ditangani oleh dokter secara dini. Orang dengan penyakit rabun jauh atau yang mempunyai keluarga menderita penyakit ini lebih rentan untuk terjadinya ablasio retina. Penyakit mata lain seperti tumor, peradangan hebat, trauma karena cedera dan diabetes dapat menjadi penyebab penyakit ini.

Gejala penyakit ini adalah :

Penglihatan kabur seperti ada tirai yang menutupi atau bergelombang

Terlihat kilat - kilatan

Terlihat bintik - bintik hitam yang mengapung

Terlihat seperti ada lapisan hitam yang menutupi penglihatan

Kualitas penglihatan menurun

Diagnosis penyakit ini dilakukan melalui wawancara yang mendalam tentang riwayat penyakit, pemeriksaan fisik umum, pemeriksaan mata lengkap dan pemeriksaan penunjang. Terapi yang dilakukan adalah dengan terapi invasif (operasi) maupun non invasif, diantaranya adalah pembedahan laser, kriopeksi, dan bedah konvensional. Fungsi dari metode pembedahan yang berfungsi sebagai terapi adalah melekatkan kembali retina ke tempat yang seharusnya.

Yang dimaksud dengan VX adalah vitrektomi, EL adalah endolaser, dan SO adalah silicon oil.

vitrektomi adalah operasi untuk membuka vitreous atau isi bola mata, endolaser adalah laser yang bersifat menghentikan perdarahan yang terjadi akibat sobekan retina, dan silikon oil atau minyak silikon diisi dan berlaku sebagai tampon untuk menahan retina yang sobek ke posisinya dan menghentikan perdarahan. Baru-baru ini tindakan tersebut menjadi pilihan karena menghasilkan hasil penglihatan yang lebih baik bagi pasien, menurut penelitian. tindakan tersebut bisa dilakukan bersamaan dan hanya perlu dilakukan bius lokal, tetapi semua tergantung penilaian dan pertimbangan dokter yang memeriksa.

Sebagai tindak pencegahan kita dapat menggunakan kaca mata pelindung untuk mencegah terjadinya trauma pada mata, penderita diabetes sebaiknya mengkontrol kadar gula darahnya secara seksama, periksakan mata minimal setahun sekali ( jika anda memiliki resiko menderita ablasio retina).

Untuk menegakan diagnosis dibutuhkan pemeriksaan secara langsung. Kami menyarankan teman anda untuk berkonsultasi tentang keluhan mata yang teman anda alami ke dokter spesialis mata sehingga penyebab, diagnosis, dan terapi yang tepat dapat diketahui.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Penyakit Ablasio Retina. Semoga bermanfaat.

1 Komentar

  • Novery Dardie

    Ass. dok saya mau tanya sekitar 6 tahun yg lalu mata sebelah kanan saya mengalami kecelakaan kena pukul raket bulutangkis dan pernah di rawat spesialis mata setelah lama penglihatan saya tambah kabur dan sekarang yd dpt melihat lagi kt dokternya retina bergeser dan harus ada tidakan kl sdh lama bisa nggak di perbaiki tks