Sukses

mengenai wasir

15 Jul 2019, 21:49 WIB
Pria, 34 tahun.

Malam dok..sebulan lalu saya operasi wasir...tp sampai sekarang kok masih keluar cairan kental kekuningan..itu apa ya dok..saya masih rutin minum antibiotik....terima kasih atas jawababnya..selamat bekerja

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Ambeien atau wasir atau Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya. Ketika masih terdapat cairan kekuningan seperti yang anda bilang itu wajar karena anda habis melakukan operasi yang tentunya lukanya butuh waktu untuk sembuh. Selain itu karena tempat operasi di sekitar anus yang notabene penuh dengan bakteri, jadi luka akan lebih susah sembuh karena ada invasi bakteri. Antibiotik dan obat lainnya dari dokter bedah anda disarankan untuk dilanjutkan sesuai anjuran. 

Agar hemoroid tidak semakin parah, yang sebaiknya dilakukan adalah pencegahan. Yaitu dengan:

Menjaga pola makan. Hindarilah makanan pedas. Makanan pedas akan semakin meningkatkan risiko pembengkakan di anus yang berlanjut menjadi wasir. Kemudian perbanyaklah makanan berserat. Dengan banyak makan makanan berserat, seperti brokoli, kacang, gandum, dan buah-buahan, dapat menurunkan pendarahan, inflamasi dan pembengkakan lebih lanjut. Serat juga dapat mengurangi iritasi.

Olahraga. Tujuan dari berolahraga adalah untuk menjaga berat badan. Karena obesitas termasuk menjadi faktor pencetus dari wasir. Namun demikian usahakan untuk menghindari olahraga yang berat. Cobalah olahraga aerobik yang sederhana atau berjalan 20-30 menit per hari. Keduanya dapat menstimulasi fungsi usus.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar