Sukses

Mengatasi Sakit Kepala dan Nyeri Pinggang
15 Jul 2019, 12:00 WIB
Pria, 34 tahun.

Saya seorang pekerja yang seharian berhadapan dengan komputer. kalo pekerjaan menumpuk, saya merasakan sakit pada mata dan kepala. juga terasa sampai punggung. kalo keluar rumah, saya sering merasa silau dengan cahaya matahari. terhadap yang saya rasakan ini, ada yang mengatakan ini syndrome dan ada juga yang menyarankan menggunakan kacamata anti radiasi Komputer dan UV. Mohon penjelasannya dan apa yang harus saya lakukan

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Rasa tidak nyaman pada mata yang menimbulkan keluhan akibat bekerja dengan komputer sering disebut dengan fotophobia. Fotophobia bukanlah suatu penyakit, melainkan suatu tanda bahwa mata mengalami kelelahan atau mata kering. 

Sedangkan untuk masalah sakit kepala, terdapat beberapa penyebab sakit kepala dan perlu diketahui bahwa sakit kepala umumnya tidak diketahui sebabnya (lebih kurang 90%). Biasanya sakit kepala dapat dicetuskan oleh pola makan tidak teratur, kelelahan, kurang tidur, dsb. Sakit kepala yang tidak diketahui sebabnya ini disebut dengan sakit kepala primer, contohnya adalah migraine dan tension type headache, cluster headache. Sakit kepala yang sebabnya diketahui lebih sedikit (sakit kepala sekunder) dapat disebabkan oleh misalnya sakit gigi, demam, tumor otak, dll. Sedangkan keluhan pusing biasanya disebabkan oleh vertigo.

Bagaimanakah nyeri yang Anda rasakan, seperti ditusuk, ditarik atau berdenyut? Atau terasa seperti berputar bahkan melayang?

Sakit kepala yang berhubungan dengan cahaya (dicetuskan atau diperberat) umumnya disebabkan oleh migraine, tension dll. Sekitar 60% penderita migrain akan merasakan sakit kepala sebelah dan berdenyut. Disamping sakit kepala, biasanya penderita migrain juga dapat mengalami gangguan penglihatan (seperti sakit saat melihat cahaya) atau gangguan fungsi sensoris lainnya (seperti baal atau kesemutan pada kaki) beberapa saat sebelum mengalami sakit kepala, yang dikenal dengan istilah aura. Namun, tidak semua penderita migrain mengalami aura sebelum sakit kepala muncul, hanya sekitar 35% migrain yang disertai dengan aura (migrain klasik).

Pada kasus Anda, kemungkinan jgua ada pengaruh dari radiasi komputer. Terlalu lama di depan komputer dapat mengakibatkan gangguan kesehatan akibat radiasi komputer. Gejalanya antara lain mata lelah, mata kabur, mata kering, nyeri kepala, kaku leher, dan lainnya. Untuk pencegahan yang bisa Anda lakukan antara lain :

  • Gunakan filter (pelindung) layar komputer untuk mengurangi radiasi
  • Kurangi resolusi layar komputer menajdi minimal
  • Jaga jarak mata dengan komputer, jangan terlalu dekat (minimal 45 cm)
  • Istirahatkan mata selama 10 menit setiap setelah menggunakan komputer 50 menit
  • Sesuaikan ketinggian monitor dengan mata

Untuk masalah sakit pinggang, Sakit pinggang dapat disebabkan oleh beberapa hal (otot, ginjal, saraf, tulang belakang). Bila menyebar hingga kaki dapat disebabkan oleh terjepitnya saraf. Nyeri pinggang juga dapat disebabkan oleh nyeri alih yang berasal dari organ lain, misal pada batu ginjal atau dismenorea. Pada nyeri kolik karena batu ginjal, keluhan berupa nyeri tajam, seperti diremas, tiba-tiba,  yang terjadi pada bagian pinggang belakang atau pada perut bagian bawah. Nyeri ini dapat menjalar ke  daerah selangkangan dan nyeri terjadi terus menerus

Low back pain (LBP) atau sakit punggung/pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sakit pinggang yang dikeluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya Anda  mengunjungi dokter spesialis saraf agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto X-ray atau MRI daerah tulang belakang.

Untuk sementara rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

  • Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerja
  • Selalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benar
  • Saat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakang
  • Olahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.
  • Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat beban
  • Tidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang keras
  • Coba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.

Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan yang Anda rasakan, kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis saraf (untuk masalah sakit kepala dan sakit pinggang) dan dokter spesialis mata (masalah sakit mata saat melihat cahaya). Dokter akan melakukan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik lengkap serta pemeriksaan penunjang (seperti CT Scan) bila diperlukan. Dengan mengetahui penyebabnya, terapi yang diberikan juga akan lebih optimal. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar