Sukses

Halusinasi Auditorik

13 Jul 2019, 09:45 WIB
Pria, 30 tahun.

Saya secara random suka mengalami sesuatu yang aneh dengan pikiran dan indra pendengaran saya dok. Jadi kondisi itu dimulai dalam keadaan apapun dan random sekali jadi saya tidak bisa menentukan apa pemicu nya tapi kurang lebih salah satu kondisnya begini. Misalnya Saya sedang memasak di dapur, tiba-tiba saya jadi memikirkan detail setiap apapun yang saya lakukan mulai dari bagaimana cara saya melangkah, menuangkan air, atau menyalakan kompor, saya jadi seperti orang ketiga dibadan saya yang bergerak, saya mengomentari gerak gerik saya sendiri atau sekitar saya, setiap suara yang saya dengar menjadi detail, suara kendaraan, suara binatang di atap rumah, semua terdengar sangat dekat sekali padahal masuk dalam kondisi ini saya tidak memperhatikan bunyi-bunyian itu. fase selanjutnya, semua suara yang saya dengar berubah menjadi cepat, semuanya serba cepat, saya seperti berada ditengah-tengah kegaduhan, bayangkan adegan film yang tokoh utamanya sedang diburu waktu/dikejar monster dengan backsound yang mendebarkan kira-kira seperti itu yang saya rasakan. Semua nya serba cepat, seolah-olah ada sekelompok orang yang berteriak di kepala saya dan mengharuskan saya untuk bergerak cepat. kalau dibayangkan ibarat seperti film yang sedang di fast forward, saya merasakan suara apapun mulai dari suara musik, kendaraan bahkan suara orang biacara itu seperti yang di fast forward cepat sekali. Kalau saya mengamati kondisi sekitarr dalam keadaan ini, biasanya nafas saya akan jadi cepat seperti orang yang sedang berlari tapi biasanya untuk meredakan semua suara itu biasanya saya akan menutup mata dan telinga supaya berada dalam keheningan dan pada akhirnya suara itu menghilang. Kalau fase ini terjadi ketika saya sendirian dirumah mungkin tidak ada masalah saya cukup biarkan fase ini berlalu tapi kadang suka mengganggu jika saya berada di balik kemudi, ngobrol dengan orang lain maka situasinya akan sangat mengganggu, jika nyetir saya akan merasa berada di tengah arena balapan, atau ketika mengobrol tiba-tiba lawan bicara saya tidak bisa saya pahami bicaranya karena dalam pendengaran saya dia biacara sangat cepat sekali padahal dalam kenyataan dia tidak melakukan itu. kira-kira apa yang terjadi dengan saya dok? apa kondisi ini gejala untuk penyakit lain? karena saya bingung juga kalau konsultasi ke dokter bagian mana dokter yang menangani hal kaya gini. terima kasih

Terima kasih telah bertanya mengenai halusinasi auditorik melalui fitur Tanya Dokter. 

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Ketika anda mendengar suatu bunyi dimana tidak terdapat sumber yang nyata dari bunyi tersebut, dalam arti bunyi itu hanya ada  pada pikiran Anda maka dapat ditarik kemungkinan keadaan tersebut sebagai halusinasi.

Halusinasi adalah persepsi panca indera yang terjadi tanpa adanya rangsangan dari luar pada reseptor-reseptor panca indera. Dengan kata lain, halusinasi adalah persepsi tanpa obyek. Halusinasi merupakan salah satu tanda gangguan jiwa yang cukup serius dan sering dijumpai pada pasien-pasien Skizofrenia.

Namun tidak semua halusinasi tersebut merupakan suatu gangguan karena ada halusinasi yang terjadi pada orang normal yaitu halusinasi yang terjadi sesaat sebelum terlelap tidur dan saat bangun tidur yang disebut halusinasi hipnogogik dan hipnopompik.

Halusinasi yang tidak normal (patologis) adalah halusinasi yang sesuai dengan panca indra, yaitu  :

·       Halusinasi auditorik (pendengaran), jenis ini paling sering terjadi dibandingkan dengan jenis lainnya. Penderita mendengar suara-suara orang yang berbicara atau mendengar suara-suara kacau balau yang tidak jelas yang sebenarnya tidak ada.

·       Halusinasi visual (penglihatan), penderita melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada seperti melihat bayangan, kilatan sinar suci atau melihat sesorang yang telah meninggal.

·       Halusinasi olfaktorik (pembauan), penderita mencium bau tertentu yang sebenarnya tidak ada di tempat tersebut.

·       Halusinasi taktil (perabaan), penderita merasakan adanya sentuhan baik yang membuatnya merasa nikmat atau tidak nyaman yang sebenarnya rangsangan tersebut tidak ada.

·       Halusinasi gustatorik (pengecapan), penderita merasakan ada rasa makanan atau rasa suatu zat yang sebenarnya hal tersebut tidak ada.

Anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter psikiatri agar mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar