Sukses

Perkembangan Bicara Anak

12 Jul 2019, 18:03 WIB
Wanita, 2 tahun.

Anak sya umur 2.5 thn tp bru bsa ngomg ayah jd ay'yayah gt tp kl kta ngomg pa ja dia ngerti gk bs diam skanya triak2 tp dgn bhsa gk jlas..gt,gmna ya apkah.slusinya apkah dia trmsk lmbt bcara?

Terima kasih telah bertanya seputar perkembangan bicara anak melalui fitur Tanya Dokter.

Setiap anak berbeda dalam kecepatan pertumbuhan dan perkembangan. Namun ada target perkembangan yang umum dijadikan standar. Cara untuk mencapai perkembangan yang optimal adalah dengan stimulasi yaitu meningkatkan respon terhadap anak. Stimulasi yang tepat adalah berkembang sesuai dengan tahapan anak. mari kita lanjutkan dengan pembahasan tentang gangguan bicara pada anak. Namun mengingat anak anda sudah enam tahun, seharusnya perkembangan bicara sudah cukup baik.

Gangguan bicara dan bahasa adalah salah satu penyebab gangguan perkembangan yang paling sering ditemukan pada anak. Penyebab keterlambatan bicara sangat luas dan banyak, Gangguan tersebut ada yang ringan sampai yang berat, mulai dari yang bisa membaik hingga yang sulit untuk membaik. Keterlambatan bicara fungsional merupakan penyebab yang sering dialami oleh sebagian anak. Keterlambatan bicara golongan ini biasanya ringan dan hanya merupakan ketidakmatangan fungsi bicara pada anak. Pada usia tertentu terutama setelah usia 2 tahun akan membaik. Bila keterlambatan bicara tersebut bukan karena proses fungsional maka gangguan tersebut harus lebih diwaspadai karena bukan sesuatu yang ringan

Jika anak anda sudah berusia enam tahun namun belum dapat berkomunikasi dengan baik, maka saran saya coba dikonsultasikan secara langsung dengan dokter spesialis anak, karena hal ini merupakan sesuatu yang perlu diterapi.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar