Sukses

Apa itu Perokok Pasif?

12 Jul 2019, 15:22 WIB
Pria, 23 tahun.

saya tidak meroko tapi di keliling teman peroko, bagimana cara mengetahui saya peroko pasif atau tidak? hal apa yg harus saya lakukan

Terima kasih telah bertanya tentang Apa itu Perokok Pasif? melalui fitur Tanya Dokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami menjawab pertanyaan Anda. Perokok pasif, atau second-hand smoke, adalah istilah untuk seseorang yang tidak merokok namun ikut terpapar asap rokok dari lingkungan sekitarnya. Asap tersebut adalah gabungan dari asap yang dihembuskan oleh perokok dengan asap dari ujung batang rokok yang menyala. Asap tersebut mengandung lebih dari 4.000 bahan kimia yang 69 di antaranya merupakan zat penyebab kanker.

Di samping itu, istilah third-hand smoke juga kini mulai digunakan untuk memberikan penekanan tambahan bahwa asap rokok memiliki dampak yang sangat berbahaya bagi orang-orang yang tidak merokok. Third-hand smoke adalah orang yang terpapar sisa-sisa zat dari asap rokok –yang dapat berada di udara hingga sekitar 2,5 jam setelah rokok dimatikan– sehingga dapat menempel pada pakaian ataupun benda-benda di sekitarnya.

Walaupun tidak merokok, perokok pasif juga tetap mengalami konsekuensi yang hampir sama dengan perokok aktif. Data dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang tidak merokok namun tinggal serumah dengan perokok memiliki peningkatan risiko hingga 30% untuk menderita kanker paru. Selain itu, risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit paru obstruktif kronik juga meningkat pada perokok pasif.

Utamanya, merokok secara pasif dianggap sangat berbahaya bagi anak-anak. Angka kejadian Sudden Infant Death Syndrome –atau bayi di bawah usia 1 tahun yang meninggal secara tiba-tiba– dikatakan meningkat hingga 2 kali lipat pada ibu yang merokok. Asap rokok dari lingkungan juga dapat memicu timbulnya penyakit saluran pernapasan –seperti; common cold, bronkitis, pneumonia, serta serangan asma akut pada anak dengan riwayat asma.

Untuk memperkaya wawasan Anda, baca juga :

Bahaya Menjadi Perokok Pasif

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Apa itu Perokok Pasif?. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar