Sukses

Garis Putih Di Sepanjang Bagian Dalam Pipi
12 Jul 2019, 15:03 WIB
Pria, 28 tahun.

Halo dok, lidah sama pipi saya ada garis putih yg memanjang dari belakang sampai kedepan pas antara batas gigi atas dan gigi bawa bentuknya kayak bekas gigitan selain itu tidak sakit atau nyeri dok cuman penasaran itu penyakit apa dok garis ini suda lama adanya dok biasanya pas bangun tidur kelihatan jelas

Terimakasih telah bertanya seputar garis putih di sepanjang bagian dalam pipi melalui fitur Tanya Dokter

Pertama-tama perlu dipastikan dulu bagaimana susunan dan kondisi gigi di sekitar garis putih tersebut, apakah gigi dalam posisi yang normal di dalam lengkung rahang? Jika ada gigi yang posisinya tidak normal, patah, berjejal, atau keluar dari lengkung rahang ke arah pipi sehingga menyebabkan pipi bagian dalam sering bergesekan dengan gigi atau tidak sengaja tergigit maka lama kelamaan dapat timbul garis putih. Garis putih tersebut adalah akibat friksi (gesekan) dengan gigi yang sesungguhnya hanya merupakan pembentukan jaringan keratin yang berlebihan yang disebut cheek biting.

Kemungkinan, garis putih tersebut adalah variasi normal yang disebut "linea alba" (linea=garis, alba=putih)

Linea alba ini biasanya terentang mulai dari sudut mulut hingga ke daerah gigi yang terletak di ujung rahang, dan letaknya kira-kira sejajar dengan permukaan kunyah gigi. Sama halnya dengan cheek biting, linea alba juga merupakan mukosa (jaringan lunak) yang berkeratin. Linea alba ini sebenarnya adalah variasi normal dan bukan suatu penyakit, seperti misalnya tahi lalat, dimana tidak dimiliki pada setiap orang namun bukan sesuatu yang harus dikhawatirkan.

Sebagai tes awal yang cukup mudah dilakukan untuk membedakan apakah garis putih ini hanya variasi normal atau sesuatu penyakit (misalnya jamur), Anda bisa mencoba untuk mengangkat lagi garis putih tersebut dirumah menggunakan kasa steril secara perlahan, dan lihat dengan seksama apakah dibawah daerah yang terkelupas meninggalkan daerah kemerahan. Jangan diusap-usap berlebihan dengan kasa, karena bisa jadi timbul kemerahannya akibat gesekan dengan kasa. Bila tidak ada daerah kemerahan, maka Anda tidak perlu khawatir dengan keberadaan garis putih ini.

Jika betul ada daerah kemerahan, maka bisa dicurigai bahwa garis tsb bukan sekedar variasi normal dan perlu diperiksa lebih lanjut. Perlu diketahui bahwa infeksi jamur di rongga mulut tidak bisa terjadi dengan mudahnya, karena dalam keadaan normal keberadaan jamur di rongga mulut ditekan oleh mikroorganisme yang merupakan flora normal mulut.

Namun pada kondisi tertentu, misalnya kondisi imun pasien menurun, menderita penyakit sistemik yang menurunkan daya tubuh, mengkonsumsi obat-obatan tertentu dalam jangka panjang, penggunaan gigi tiruan dengan kebersihan mulut yang buruk, dan kondisi lain maka infeksi jamur lebih mudah terjadi. Bila Anda ingin lebih yakin, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter gigi spesialis penyakit mulut (drg. Sp.PM).

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar