Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

luka sekitar selangkangan

11 Jul 2019, 19:01 WIB
Wanita, 23 tahun.

Dok, di bawah paha kedua kaki dekat selangkangan saya, terdapat luka kemerahan seperti tersundut rokok yg tiba2 muncul, padahal tidak pernah terluka di bagian tersebut, terasa gatal, perih, dan membengkak. dan mengganggu aktivitas karna tidak bisa berjalan dengan normal dn nyaman. Itu karna apa ya dok? dan bagaimana cara mengobatinya? apa ada salep khusus ? jika ada apa namanya ? Terimakasih dok, mohon di respon

Terima kasih telah bertanya seputar  luka di sekitar selangkangan melalui fitur Tanya Dokter.

Gatal atau luka pada daerah selangkangan atau daerah kemaluan sering kali disebabkan oleh iritasi yang muncul di kulit, misalnya diakibatkan oleh pakaian yang bergesekan terhadap kulit. Biasanya gatal tersebut dapat hilang dengan sendirinya tanpa pengobatan. Namun, kerap kali luka di selangkangan tersebut disebabkan oleh faktor lain, seperti?

  • Dermatitis Kontak. Penyebab paling umum dari gatal di selangkangan adalah iritasi atau reaksi alergi yang dinamakan dermatitis kontak. Biasanya alergi ini timbul akibat sabun, cairan atau detergen yang menyentuh daerah selangkangan.
  • Infeksi JamurInfeksi jamur merupakan infeksi yang sering muncul di daerah selangkangan. Hal ini dikarenakan jamur akan mudah sekali timbul pada daerah yang lembap. Gejala dari infeksi jamur adalah gatal pada, daerah selangkangan, lipatan kulit, paha bagian dalam, hingga daerah anus. Dapat juga muncul nyeri serta gejala kelainan kulit yang khas. Apabila Anda mengalami gejala ini, segeralah berobat ke dokter.  
  • Skabies merupakan suatu infeksi pada kulit yang disebabkan oleh tungau yang membuat perlukaan di kulit. Gejala dari scabies berupa gatal yang semakin berat di malam hari dan luka yang berbentuk garis. Apabila Anda merasa terinfeksi tungau ini, segera lakukan pengobatan  ke dokter.
  • Kutu Kelamin merupakan organisme yang harus tinggal di manusia dan biasanya akan mengisap darah untuk hidup. Kutu tidak dapat terbang atau loncat, namun dapat mudah tertular saat terjadi kontak yang dekat. Gejala utamanya adalah gatal.

Dalam kasus anda ini, harus dicari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Untuk itu, sebaiknya segera periksakan keluhan anda dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar pemeriksaan lebih jelas dan anda mendapatkan terapi yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan referensi lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar